Tips Ampuh Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi InsomniaTips Menghilangkan Insomnia

Anda pernah merasakan susah tidur? sudah pasti pernah lah ya. Bahkan semua orang pasti pernah merasakanya. Rasanya menjengkelkan sekali pastinya, bagaiman tidak, besok pagi kita harus memulai kegiatan, kerja, sekolah, olahraga, dll, pastinya akan terganggu.

Bangunpun jadi malas-malasan karena masih saking ngantuknya semalaman kurang tidur. Dalam hal ini pasti ada sebab-sebabnya, entah itu terlalu banyak pikiran dan sebagainya. Kalau saya sih, dulu karena sering begadang dan akhirnya jadi kebiasaan.

Dan kini alhamdulillah...saya sudah sembuh dari Insomnia; penyakit susah tidur.

Sebelum saya memberi Tips Menghilangkan Penyakit Insomnia, alangkah baiknya kita kenali dulu gejala dan penyebabnya lebih dalam lagi. 



Berikut ini penyebabnya :

1. Setres
Stres yang berlebih sebenarnya tidak baik dan dapat berdampak buruk pula pada kualitas tidur seseorang. Stress ini dapat menyangkut hubungan dengan diri sendiri, hubungan sosial dan juga hubungan kerja. Masalah-masalah yang ada tersebut seharusnya dijalani dengan santai dan juga tenang, apabila anda merasa selalu gelisah dan terlampau memikirkannya maka stres berat pun siap untuk menghampiri anda.

2. Perubahan Pola Hidup
Pola hidup ini maksudnya kebiasaan anda dalam menjalankan aktivitas kehidupan, seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji, malas berolahraga, kebiasaan merokok, alkohol, makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein. Semua ini akan menyebabkan masalah yang dapat mengganggu kualitas tidur apabila tidak diperbaiki dengan menyeimbangkan aspek-aspek tersebut.

3. Suasana Tidur Tidak Nyaman
Terkadang tubuh telah lelah, kondisi pun telah mengantuk namun entah kenapa mata susah untuk dipejamkan. Ini biasanya disebabkan faktor suasana tidur yang membuat kita susah untuk mulai memejamkan mata, bisa karena tempat tidur yang tidak nyaman, keadaan sekitar yang gaduh atau memang pikiran kita terbawa tentang hal-hal yang membuat kita tidak tenang sehingga tidak dapat memulai tidur dengan baik.
Tips ampuh mengatasi insomnia



Tulisan diatas tadi sebagian umum penyebab penderita Insomnia. Anda pasti mengalami seperti yang tertulis di atas kan? jangan khawatir, sekarang mari kita simak cara mengobati dan cara mengatasi penyakit Insomnia. Langsung saja simak tips di bawah ini.

1. Cobalah untuk tidur pada jam yang sama setiap malam
Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik.

2. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas Anda di siang hari
Dengan lebih aktif di siang hari, Anda akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat.

3. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, terutama menjelang malam
Banyak yang mengira minum teh hangat atau coklat panas menjelang tidur akan memudahkannya terlelap. Kenyataannya, Anda justru tidak akan dapat mengatasi insomnia dengan teh dan coklat karena kandungan kafeinnya. Hindari makan berlebihan di malam hari khususnya menjelang tidur.

4. Khususkan tempat tidur hanya untuk tidur
Sebisa mungkin, jangan bawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, atau menonton televisi dari tempat tidur. Televisi dan komputer adalah salah satu faktor yang paling menyulitkan seseorang mengatasi insomnia.

5. Lakukan aktifitas santai sebelum tidur
Jika dalam waktu setengah jam sejak Anda merebahkan diri Anda belum juga terlelap, cobalah bangun dan lakukan aktifitas yang santai, seperti membaca buku, sampai Anda mengantuk.

6. Atur pernapasan agar lebih dalam dan panjang
Itu dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Banyak yang terbantu untuk mengatasi insomnia dengan cara ini.

7. Jangan terlalu terobsesi dengan tidak bisa tidur
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang terlalu khawatir soal tidak bisa tidur biasanya adalah yang paling kesulitan mengatasi insomnia. Ingatlah, meski insomnia adalah penyakit yang cukup serius, namun itu dapat diobati.

Posting Komentar