Cara Mudah Merawat Senar Gitar Agar Tidak Cepat Putus Dan Berkarat

Seringkali kita menemukan senar gitar yang berkarat, entah itu gitarnya teman, gitar di warung kopi atau bahkan gitar kita sendiri. Sebenarnya masalah berkarat itu tentang perawatan. Kalau kita merawatnya dengan tekun dan rutin, maka senar gitar tersebut tidak akan cepat mudah berkarat. Dan kalau sudah berkarat, sudah pasti akan cepat putus.

Jika senar gitar kita awet kan lumayan bisa menghemat uang, tidak terlalu sering membeli. Kecuali kalau senar gitar yang putus sudah waktunya putus, dengan artian penggunaanya sudah lama. Dan itu berarti memang kita harus membelinya yang baru. Karena senar gitar yang pemakainya sudah lama bunyinya akan terdengar fals.


Sahabat, di artikel kali ini kami akan memberikan tips tentang Cara Mudah Merawat Senar Gitar. Jadi anda nanti tidak perlu lagi boros-boros membeli senar gitar berulangkali sebelum waktunya ganti. Baiklah, langsung saja kita simak tipsnya berikut ini.
  • Sebelum memainkan gitar pastikan tangan anda dalam keadaan kering, hindari tangan yang basah karena air atau keringat. Kandungan garam dan asam yang terdapat dalam keringat sangat cepat mempengaruhi senar gitar. Selalu sediakan tissue atau lap untuk berjaga-jaga.
  • Jika anda berniat membawa gitar keluar rumah, pastikan gitar anda sudah masuk ke dalam softcase, kerena suhu sangat berpengaruh pada senar dan gitar itu sendiri.
  • Jika dalam jangka waktu yang cukup lama anda tidak menggunakan gitar, sebaiknya kendurkan senar gitar sobat. Simpan gitar di tempat yang tidak terlalu dingin dan juga yang tidak terlalu panas.
  • Jangan menyetem senar terlalu kencanh. Kualitas sebuah senar gitar juga mempengaruhi pada saat kita menyetem senar. Senar gitar kualitas rendah biasanya akan sangat kencang meskipun kita menyetem dengan setelan standar.
  • Hindari menyimpan gitar ditempat lembab seperti dekat jendela atau bersentuhan langsung dengan dinding dan lantai. Selalu gunakan softcase atau hardcase meskipun gitar disimpan di rumah.
  • Bersihkan senar gitar setiap kali setelah anda pakai. Atau gunakan string cleaner yang banyak tersedia di toko-toko alat musik.
Sahabat, demikianlah 6 Cara Mudah Merawat Senar Gitar Agar Tidak Cepat Putus Dan Berkarat. Semoga artikel yang kami berikan kali ini membantu dan bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba. Salam enam dawai!

Posting Komentar