Perbedaan Petikan Tirando Dan Apoyando Pada Gitar Klasik

Hallo sahabat. Apa kabar? Semoga anda sehat dan baik-baik saja ya. Baiklah, di artikel kali ini saya akan membahas tentang musik yang berkaitan dengan teknik gitar. Lebih tepatnya lagi adalah gitar klasik. Pasti sebagian dari anda penasaran, teknik apa sih memangnya?

Masih banyak pemain-pemain gitar yang belum mengerti 2 jenis petikan. Ya, jadi di gitar klasik mempunyai dua teknik petikan, yaitu petikan Tirando dan Apoyando. Kalau buat anda yang sudah master dalam dunia gitar klasik pasti istilah tersebut sudah tidak asing lagi di telinga. Tapi buat anda yang masih pemula pasti bertanya-tanya. Iya kan?


Oke, langsung saja kita cari tahu Perbedaan Petikan Tirando Dan Apoyando Pada Gitar Klasik.

Petikan Tirando

Petikan Tirando adalah petikan yang mengambang. Maksudnya ialah, jari-jari kanan memetik senar gitar dari bawah tanpa menyandarkan ujung jari. Posisi jari kanan terlihat seperti melengkung ke dalam. Dan cara memetiknya pun cenderung dari bawah ke atas. Suara yang di peroleh dari Petikan Tirando terkesan tipis. Petikan Tirando biasanya di pakai untuk memainkan iringan lagu. Membuat irama lebih dari 1 senar, atau memetik beberapa senar sekaligus.

Petikan Apoyando

Petikan Apoyando adalah petikan yang bersandar. Maksudnya ialah, jari-jari kanan yang hendak memetik di sandarkan ke senar tersebut sebelum mengeksekusi. Dalam Petikan Apoyando ini, jari kanan cenderung melengkung keluar dan suara yang di peroleh pun terkesan tebal. Petikan Apoyando biasanya di gunakan untuk memainkan single melodi atau satu nada saja yang di petik.

Sahabat, itulah tadi penjelasan singkat tentang Perbedaan Petikan Apoyando Dan Tirando Pada Gitar Klasik. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang sedang mendalami gitar klasik. Selamat berlatih. Salam.

Posting Komentar