Bahaya, jangan sekali-kali memanasi motor injeksi saat pagi hari!

Sahabat, masihkah anda memanasi mesin motor injeksi di pagi hari? Jika ya, hentikan lah kebiasaan itu dari sekarang juga! Dewasa ini mungkin anda belum bisa move on dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Dalam artikel kali ini kami akan membahas kenapa motor injeksi tidak perlu untuk dipanasi saat pagi hari.

Saat ini, sektor mesin adalah yang paling mendapatkan sentuhan teknologi dari pengembang untuk meningkatkan performa kendaraan anda. Ya, tentu salah satunya ialah demi efisiensi bahan bakar. Sudah merasakan kan, jika motor injeksi itu lebih irit?


Dampak postifnya yaitu, dengan teknologi full injeksi ini motor tidak perlu di panaskan lagi seperti mesin yang masih menggunakan karburator. Anda juga harus tahu, hal penting ini disampaikan langsung oleh Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Menurut expertnya, kebutuhan bahan bakar untuk mesin dengan sistem injeksi sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM), jadi tak perlu menarik handel gas ketika dipanasi.

Ini dia tips dari Sarwono edi tentang cara memanaskan motor yang wajib anda ikuti :

Cukup panaskan mesin motor anda 30 detik, maksimal satu menit dan biarkan stasioner. Oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia.

Pemborosan

  • Bila sering atau terlalu lama memanaskan mesin, maka efek buruknya tentu saja pemborosan bahan bakar. Terlalu lama memanaskan mesin maka bensin akan terbuang begitu saja, lebih baik bensin digunakan untuk berkendara di jalan.
  • Kemungkinan lain yang terjadi adalah komponen seperti knalpot akan mengalami panas berlebihan. Ini berpotensi bisa merusak cat knalpot tersebut. Sekalipun tidak dipanaskan, mesin dengan teknologi injeksi juga sudah siap dibawa berkendara.
  • Kecil kemungkinan akan ada gejala mesin tersendat (brebet) karena kurang panas, seperti yang sering dialami sepeda motor dengan karburator. Buktinya adalah tidak adanya tuas choke di mesin injeksi. Pada mesin karburator, choke digunakan untuk membantu ketika mesin sulit dihidupkan. Sepeda motor fuel injection tidak memerlukan choke, karena sudah mempunyai sensor yang mendeteksi suhu mesin.
Nah, sahabat Media Celoteh, itulah tadi kenapa alasan anda tidak perlu lagi memanasi motor injeksi anda saat pagi hari. Ini sudah jaman maju dan modern, tentu si perancang dan pengembang selalu berpikir keras untuk kenyamanan penggunanya. Ingat, tidak perlu lagi memanasi motor anda ya? Nanti malah bikin berisik dan tetangga anda akan terganggu.

Semoga ertikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda di dunia otomotif. Jika perlu silahkan share artikel ini terutama anda yang  yang sering di buat berisik tetangga anda jika ia memanasi motornya sambil menggeber-nggeber knalpot di pagi buta. Terimakasih. Salam.

Posting Komentar