Inilah Negara yang Memblokir Aplikasi WhatsApp

Perjalanan aplikasi pesan instan WhatsApp tampaknya tak selalu berjalan mulus di beberapa negara. Tak jarang, perjalanan WhatsApp memiliki batu sandungan yang berakibat terhadap penutupan layanan.


Brasil menjadi salah satu negara yang getol untuk menggaungkan penutupan WhatsApp. Tak hanya soal enkripsi bahkan Brasil berdalih, WhatsApp telah merugikan para operator lokal di sana. Untuk mengetahui kelanjutannya, berikut ini rentetan negara-negara yang memutuskan memblokir WhatsApp, baik secara penuh maupun sementara yang dirangkum oleh Okezone. Tercatat, Brasil dua kali melakukan pemblokiran terhadap aplikasi WhatsApp.

Brasil I

Desember 2015, Brasil sempat memerintahkan agar layanan pesan milik Facebook itu dimatikan. Hal ini dilakukan setelah pengadilan di negara tersebut meminta untuk memblokir layanan pesan instan selama 48 jam. Alih-alih pilihan menelefon secara gratis dalam aplikasi dianggap illegal dan tak diatur pemerintah menjadi senjata untuk mematikan WhatsApp di sana.

Iran

Selain Brasil, Iran menjadi salah satu negara yang mengecam keberadaan WhatsApp. Tak seperti Brasil yang memilih untuk memblokir sementara, di negara ini, WhatsApp diputuskan untuk diblokir secara total dan nasib serupa juga dialami oleh Tango. Keputusan ini diambil setelah WhatsApp dan Tango diberikan kesempatan untuk melalukan penyensoran terhadap konten yang ada.

Brasil II

Mei 2016, kembali menjadi catatan kelam untuk WhatsApp di Brasil. Aplikasi ini kembali diblokir selama 72 jam karena tidak manut pemerintah atas sengketa enkripsi.

Sumber : techno.okezeone.com

Posting Komentar