Sering Mengisi Baterai Ponsel Semalaman? Perhatikan Hal Berikut Ini Agar Aman

Salah satu hal atau kebiasaan pengguna ponsel adalah mengisi baterai ponsel mereka semalaman penuh, atau meninggalkannya terhubung ke pengisi daya selama mereka tidur. Ya, kebiasaan ini memang sering sekali dilakukan oleh pengguna ponsel atau smartphone.


Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, selain kelupaan untuk mencabut kabel pengisi daya, banyak pengguna yang memang sengaja membiarkan ponsel mereka tersambung dengan pengisi daya semalaman agar keesokan harinya dapat langsung digunakan. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah aman meninggalkan ponsel semalaman terhubung ke pengisi daya?
Seperti yang dikutip dari laporan Digital Spy, Sabtu (7/5/2016), membiarkan ponsel terhubung ke pengisi daya semalaman penuh memang tidak dibenarkan, atau bahkan dihimbau untuk tidak dilakukan. Sementara beberapa kalangan mengatakan itu merupakan hal yang berbahaya karena dapat menimbulkan kebakaran besar, dan ada juga yang mengatakan jika itu dapat menurunkan kemampuan baterai.
Namun sebenarnya Anda tak perlu terlalu khawatir dengan hal tersebut, sebab perangkat yang Anda gunakan adalah perangkat pintar. Hal ini yang sering diremehkan orang-orang adalah tentang kemampuan smartphone menangani penggunaan daya. Perlu Anda ketahui, kebanyakan ponsel moderen saat ini memiliki kemampuan untuk menghentikan pengisian daya ke baterai ketika kapasitas sudah terisi 100%.
Meskipun akan menghentikan pengisian daya ketika penuh, namun kadang-kadang ponsel akan menggunakan sedikit daya dari pengisi daya untuk menjaga agar dapat beroperasi dan menjaga kapasitas baterai tetap dalam kapasitas maksimum.
Kendati menginggalkan ponsel semalaman terhubung ke pengisi daya tidak akan menyebabkan kebakaran secara spontan dan tidak akan mengubah baterai menjadi cair, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Hal pertama adalah masalah overheating atau panas berlebih. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari panas berlebih seperti melepaskan case pelindung ponsel saat sedang melakukan pengisian daya semalaman dan pastikan ponsel berada di permukaan datar dan keras ketika sedang terhubung ke pengisi daya.
Selain itu, Anda juga harus menghindari melakukan pengisian daya di atas kasur atau bantal dengan permukaan yang tidak rata. Sebab, hal tersebut dapat mengakibatkan sirkulasi udara tidak stabil yang dapat mengakibatkan panas berlebih dan dapat mengganggu tidur pengguna ponsel. Panas berlebih inilah yang sering dianggap sebagai pemicu terjadinya kebakaran.
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki kebiasaan meninggalkan ponsel terhubung ke pengisian daya semalaman. Sudah saatnya kita lebih bijak dalam menggunakan perangkat kita agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan.
Sumber : www.beritateknologi.com

Posting Komentar