Ternyata Tertawa Satu Menit Setara Dengan Olahraga Sepuluh Menit!

Tertawa sering kali dianggap hal sepela oleh beberapa orang. Padahal, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tertawa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan aliran darah, menekan risiko serangan jantung, serta meningkatkan antibodi, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, tahukah Anda apa yang terjadi pada tubuh ketika tertawa? 


Berikut ini adalah empat hal yang terjadi pada tubuh ketika tertawa :

1. Kalori terbakar
Tertawa dapat membantu Anda mengeluarkan energi dan membakar kalori. Setidaknya, jika Anda terus-menerus tertawa selama satu menit itu setara dengan 10 menit berolahraga.

2. Mempertahankan ngatan
Menurut penelitian, humor dapat memiliki efek yang sangat positif pada memori. Tertawa bisa menjadi alat untuk menyembuhkan atau mempertahankan ingatan. Selain itu, banyak tertawa juga dapat meminimalisir hormon stres.

3. Kekebalan tubuh meningkat
Tertawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menciptakan perasaan positif, mengendurkan otot, dan sebagai obat penghilang rasa sakit yang membantu untuk mendapatkan tidur yang baik.

4. Otot melemah
Tanpa disadari, ketika tertawa keras Anda cenderung menjatuhkan sesuatu di sekitar Anda.  Hal itu terjadi karena ketika Anda tertawa terbahak-bahak otot Anda menjadi sedikit lemah dan kurang terkoordinasi selama beberapa detik.



(Healthmeup)

Posting Komentar