Inilah 5 Mobil Tercepat dan Termahal Sedunia

Tidak cuma termahal, mobil tercepat juga banyak beredar di pasaran. Top speed menjadi ukuran mobil ini bisa dibilang tercepat.


Semakin tinggi kecepatannya, hampir bisa dipastikan engineering-nya semakin rumit. Maka tidak heran jika sebuah mobil berlari semakin cepat, harga yang ditawarkan juga melambung tinggi.

Mobil dengan kecepatan 250 km/jam banyak beredar di pasaran. Namun mobil yang melebihi kecepatan itu juga banyak. Oleh karena itu kami batasi hanya lima mobil tercepat dengan top speed di atas 350 km/jam.


Menariknya, nama besar seperti Lamborghini ataupun Ferrari tidak masuk dalam kategori lima mobil tercepat. Penasaran apa saja mobil dengan lesatan bak peluru tersebut?

Ada banyak ukuran untuk menentukan apa yang menjadikan mobil layak disebut sebagai yang tercepat. Akselerasi, mengelilingi lintasan sirkuit, bahkan mengerem pun bisa dijadikan ukuran. Karena itu, soal mobil tercepat ini kami ambil mobil yang memiliki top speed paling tinggi. Kenapa, semakin tinggi kecepatannya, hampir bisa dipastikan engineering-nya semakin rumit, dan biasanya mobil semakin eksotis dan mahal. 

Ada banyak memang yang bisa merengkuh lebih dari 250 kpj, namun kami mencari mobil yang unik, baik itu mobil jalan raya, ataupun bukan. Dan berikut ini adalah hasilnya. Jangan kaget kalau tidak mengenal namanya karena tidak ada di Indonesia. Tapi dibalik nama itu ada engineer yang dibebaskan untuk berkreasi, sehingga hasilnya spektakuler kalau tidak bisa dibilang gila.
Karena berbagai keterbatasan, kami hanya bisa menampilkan lima mobil dengan kecepatan puncak yang luar biasa. Karenanya, kami pilihkan yang paling unik untuk menjadi referensi Anda.
Hennessey Venom GT

Hennessey Venom GT adalah gabungan antara Lotus Elise, dengan mesin ‘badak’ V8 berkapasitas 7.0 liter. Mobil ini dibuat terbatas secara handmade oleh Hennessey, dan memecahkan rekor kecepatan 435 kpj di Kennedy Space Center, Amerika Serikta. Sayangnya, untuk bisa diakui sebagai sebuah rekor kecepatan Anda harus menempuhnya dengan cara bolak-balik. Yang dilakukan oleh Hennessey adalah hanya satu arah, sehingga rekor tersebut tidak diakui.
Meski demikian, prestasi Hennessey yang sukses menjejalkan mesin V8 berkapasitas besar kedalam sebuah Elise dianggap sebagai sebuah keberhasilan tersendiri. Dan lebih dari itu, mobilnya bisa dikendalikan dan tidak kehilangan karakter khas sebuah Lotus yang lincah. Akhir bulan Maret lalu, Hennessey dengan varian Venom GT Spyder (atap terbuka) juga sukses membukukan kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil tanpa atap dengan top speed 424,96 kpj.
Bugatti Veyron Super Sport

Bukannya Veyron sudah berganti generasi? Betul. Tapi penerusnya yang bernama Chiron tersebut belum memiliki angka resmi soal top speed. Banyak yang memperkirakan ‘adiknya’ ini sebetulnya akan lebih kencang dari Veyron. Namun untuk sementara ini Veyron Super Sport sudah dipastikan memiliki kecepatan puncak hingga 428,8 kpj.
Kecepatan itu diraih di fasilitas uji VW, dan merupakan hasil dari mesin W16 dengan empat turbocharger, plus penggerak empat roda. Mesin racikan VW Group itu memang fenomenal dengan daya yang mencapai 1.200 hp. Atau 200 hp lebih kuat dibanding Veyron standar. Harganya juga tidak kalah spektakuler karena berada di angka US $1,7 juta!
SSC Ultimate Aero

Pernah dengar perusahaan otomotif Shelby Super Car (SSC)? Kalau belum itu wajar. Perusahaan Amerika ini memang bukan perusahaan raksasa yang giat berkampanye marketing, dan mereka tidak ada hubungannya dengan modifikator legendaris, Carol Shelby. Mobil yang keluar dari pabriknya adalah pesanan khusus yang begitu keluar dari pagar pabrik sudah ada yang punya. SSC Aero adalah yang paling menarik karena inilah mobil yang menjadi ancaman untuk Bugatti Veyron, hingga mereka harus menelurkan Super Sport.
Aero memiliki top speed hingga 409,6 kpj, yang diraih pada tahun 2007. Ya, ini bukan mobil baru memang. Yang membuatnya mampu meraih kecepatan tersebut adalah mesin V8 dengan twin-turbocharged berkapasitas 6,3 liter. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga hingga 1.287 hp. Dan yang menarik, jangan harap Anda bisa menemukan fitur bantu pengendaraan yang pintar seperti ESC, VSA, atau apapun sebutannya. Aero dibuat sebagai mobil yang murni menghasilkan pengendaraan yang luar biasa, dan hasil karya engineer dan desainer yang tidak dibatasi.
Aston Martin One-77

Mukanya mungkin tampak seperti Aston Martin kebanyakan, tapi apa yang ada dibalik kulitnya menjadikan mobil ini spektakuler. Chassisnya berbasis Aston Martin biasa, demikian juga yang menjadi basis pengembangan mesin. Mobil yang hanya dibuat sebanyak 77 unit ini dibekali dengan mesin V12 berkapasitas 7,3 liter berkekuatan 750 hp.
Mesin, plus pemangkasan bobot membuatnya mampu berlari hingga 352 kpj. Yang hebat adalah, bagaimana mobil ini bisa menyamai karakter sebuah mobil kencang yang mesinnya diletakan di tengah (mid-engine), meski sebetulnya mesin ada di balik moncong. Hebatnya lagi, Aston Martin mampu mempertahankan kemewahan khas pabrikan Inggris itu. Bukti bahwa mereka bisa membuat sebuah hypercar, tanpa harus kompromi ini-itu.
Mclaren F1

McLaren F1 adalah mobil jalan raya pertama dari pabrikan McLaren asal Inggris. Supercar ini tampak unik dengan posisi duduk pengemudi yang ada di tengah. Selain itu, bodynya terbuat dari bahan carbon fiber sepenuhnya, plus ada lapisan emas di ruang mesin untuk menjaga tempratur. Sebagai penggerak, F1 mengunakan mesin berkode S70 dengan konfigurasi V12 yang dibuat oleh BMW, yang menghasilkan 617 hp.
Tenaganya boleh saja lebih kecil dari One-77, tapi penggunaan material ringan di sekujur tubuhnya mampu menancapkan speedometer pada angka puncak 385,6 kpj. Mobil yang dibuat pada tahun 1995 hingga 1999 ini begitu sukses menuai pujian dari berbagai kalangan, plus sukses juga di balapan ketahanan LeMans 24 Hour pada tahun 1995.
(liputan6)
Jangan lupa share artikel ini agar bermanfaat ya!

Posting Komentar