Inilah Cara Mudah Mendapatkan Kredit Modal Usaha

Sulit mendapatkan pekerjaan, berwirausahalah! Namun, kebutuhan terhadap modal kadang kala menjadi salah satu permasalahan awal sebelum kita memulai kegiatan ini. Untuk menyiasatinya, meminjam dana kredit modal usaha ke bank adalah mungkin menjadi salah satu jawabannya.


Meski demikian, ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan jika ingin mendapatkan kredit modal usaha dari bank.

1. Mulailah dari bisnis kecil-kecilan

Salah satu faktor yang membuat proposal peminjaman modal usaha ditolak adalah karena pihak Bank merasa usaha yang akan kita bangun belum teruji keberhasilannya. Apabila kita mendapatkan dana tersebut namun usaha yang dijalankan tidak berjalan baik, hal ini bisa mengakibatkan kerugian pada kedua belah pihak. 

Oleh karena itu, cobalah untuk membuat usaha dari sekecil dan sedini mungkin. Buatlah kerangka usaha terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi modal yang baik sebelum kita mengajukan proposal peminjaman kredit modal usaha ke suatu bank.

2. Membuat laporan keuangan

Setelah membuat usaha dari skala kecil, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan membuat laporan keuangan serapi dan sejelas mungkin. Hal ini bisa menjadi gambaran dan acuan untuk pihak bank dalam melihat prospek usaha yang kita tawarkan.

Hal ini pun menjadi faktor penting lainnya yang bisa membantu kita berhasil dalam meminjam dana kredit modal usaha. Laporan keuangan ini pun berfungsi sangat baik bagi Anda untuk perkembangan usaha kedepannya. Dengan begitu, pemasukan dan pengeluaran usaha akan tercatat dengan lebih jelas.

3. Buatlah rekening khusus usaha

Kebiasaan menggunakan satu jenis rekening untuk uang pribadi dan uang usaha adalah kebiasaan yang sangat buruk, terutama bagi kita yang baru saja memulai usaha tersebut. Dengan melakukan kebiasaan ini, kita tidak bisa mencatat dengan jelas berapa pemasukan dan juga pengeluaran rutin yang dilakukan oleh jenis usaha. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, cobalah untuk membuat dua jenis rekening.

4. Pertahankan riwayat kredit yang baik 

Kini, Bank Indonesia telah memiliki teknologi Sistem Informasi Debitur (SID) di mana data setiap orang yang pernah melakukan kredit akan terekam dengan baik di sana dan bisa diakses oleh setiap Bank. Tentu saja bagi kita yang memiliki riwayat buruk dalam melakukan pinjaman kredit akan menjadi sebuah alasan dari Bank untuk menolak proposal pinjaman kredit modal usaha yang kita ajukan. 

Sebaliknya, apabila riwayat kita baik, pihak bank pun akan memberikan nilai plus dan mempermudah proses pengajuan kredit yang dilakukan.

5. Bersikap jujur

Hal terakhir adalah bersikaplah jujur. Dalam hal ini, berikanlah dokumen-dokumen dan berkas-berkas yang sesuai dan asli dan juga berhubungan langsung dengan usaha yang sudah kita mulai. Jangan pernah sekalipun memalsukan dokumen tersebut karena hal ini akan sangat mudah untuk diketahui oleh pihak Bank. Hal inilah yang biasanya menjadi penyebab mengapa banyak pengaju yang gagal dalam mendapatkan pinjaman modal usaha. 

Terlepas dari kelima langkah itu, pertanyaan yang mesti dijawab terlabih dahulu adalah apakah kita sudah siap untuk berwirausaha? Sudah siapkah syarat-syarat yang mesti diajukan sebelum mengajukan kredit modal usaha ke bank? Jika pertanyaan-pertanyaan itu sudah terjawab, segeralah pergi ke bank dan sodorkan proposal Anda!

(Kompas.com) 

Posting Komentar