Resep Membuat Kue Kering Renyah, Pas Dan Mantap!

Untuk mendapatkan kue kering yang renyah, tentu dibutuhkan teknik pembuatan yang benar. Berikut beberapa teknik pembuatan yang harus diperhatikan, agar kue kering renyah.


Perhatikan lama pengocokkan. Makin lama margarin atau mentega dikocok, makin melebar kue kering yang dibuat.

Sehingga kita perlu menambahkan tepung untuk mencegah kue melebar. Sementara itu, penambahan tepung membuat kue menjadi keras. Jadi, mentega atau margarin sebaiknya dikocok dengan waktu yang tepat, sesuai dengan saran di dalam resep.

Pengocokkan margarin lebih lama, dibandingkan pengocokkan adonan yang menggunakan campuran margarin dan mentega.

Penambahan tepung dilakukan sambil diayak dan diaduk rata. Pengadukkan yang dilakukan bukan dari bawah ke atas, seperti pengadukan cake, tetapi dengan cara mencincang.

Adonan yang disendokkan biasanya bertekstur lunak dan tidak kalis. Oleh karena itu, jangan menambahkan tepung terigu. Selain itu juga sarat isi.

Adonan lembek seperti ini juga berlaku pada kue kering yang dibentuk dengan cara disemprit atau disemprot, dan frozen cookies. Adonan yang dibentuk dengan cara dicetak atau dibentuk tangan lebih padat ketimbang adonan yang dibentuk dengan cara lain.

Melebarnya kue dapat dicegah dengan cara adonan yang sudah dibentuk, dibiarkan dahulu selama 30-60 menit, sebelum dimasukkan ke dalam oven.

Kue kering yang sulit dilepas seperti kue lidah kucing, harus diletakkan di dalam loyang yang sudah dioles dengan mentega putih terlebih dahulu, bukan margarin.

Kue kering dengan putih telur, seperti tuiles lebih baik dicetak di atas silpat, agar mudah dilepas.

Proses pengovenan kue kering lebih baik menggunakan suhu tidak terlalu tinggi, dan dalam waktu sedikit lebih lama. Agar masa renyah kue kering lebih lama dan panjang.

Kue kering sebaiknya dikemas di wadah tertutup dan kering dalam keadaan sudah dingin, kecuali kue lidah kucing. Penyimpanan kue lidah kucing sebaiknya di dalam keadaan masih hangat.

Ya, itulah teknik pembuatan kue kering, agar kue kering renyah. 


(Tribunnews)

Posting Komentar