Ternyata Belanja di Online Shop Bisa Menyehatkan Otak, Sudah Terbukti!

Agar fungsinya selalu terjaga dan terhindar dari risiko pikun, otak butuh latihan. Kini ada bukti baru bahwa berbelanja bisa dikategorikan sebagai latihan otak, khususnya jika aktivitas tersebut dilakukan di online shop.


Para ilmuwan dari Duke University menemukan bahwa orang lanjut usia atau lansia membutuhkan upaya ekstra dalam menggunakan otaknya saat berbelanja di online shop. Lebih khususnya, dalam menggunakan kemampuan mengingat.

Ketika kemampuan otak dalam mengingat-ingat sudah menurun, para lansia akan mengaktifkan area lain di otak. Ini terjadi saat mereka berbelanja dan melakukan perhitungan untuk mendapatkan harga paling ekonomis.

"Ini menunjukkan bahwa pada lansia sehat, meski memorinya sudah tidak bagus, mereka bisa menggunakan bagian otak lain yang biasanya tidak terpakai untuk fungsi tersebut," kata sang peneliti, Nichole Lighthall, dikutip dari Dailymail, Senin (24/11/2014).

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience ini, Lighthall menggunakan teknologi functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI). Teknologi ini digunakan untuk melihat aktivitas otak para lansia saat berbelanja di salah satu online shop terpopuler, yakni Amazon.

Terbukti, para lansia tidak kalah dibandingkan kaum muda dalam perburuan harga paling murah meski fungsi otaknya sudah lebih menurun. Rahasianya, para lansia mengaktifkan area lain yang disebut ventromedial prefrontal cortex (vmPFC). Ini terjadi saat otak butuh mengingat-ingat harga.

Posting Komentar