Akses Dan Tips Berkunjung Ke Kawah Wurung, Bondowoso

Indonesia memang memiliki banyak sekali tempat-tempat indah yang layak dijadikan sebagai destinasi kunjungan wisata luar biasa. Lokasi yang cukup menarik dan menyajikan pemandangan indah nan menawan adalah Jawa Timur.

Sumber foto jawatimurtour.tumblr.com
Bagi anda yang berkesempatan berkunjung ke sini, sebaiknya anda mencoba berkunjung se sebuah lokasi bernama Kawah Wurung yang tepatnya berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso . Kawah Wurung secara administratif berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Kawasan yang memiliki luas sekitar 100 ha lebih ini masuk dalam pengelolaan Perhutani KPH Bondowoso.

Kawah Wurung merupakan sebuah lokasi yang memang belum lama dibuka sebagai sebuah lokasi wisata, namun berkait keindahan alamnya yang luar biasa, namanya kini mulai menanjak dan dikenal oleh para traveller. Kawah Wurung sendiri merupakan areal perbukitan yang ditumbuhi rerumputan hijau yang sangat indah nan menawan.

Mungkin bagi anda yang datang berkunjung akan teringat bagaimana indahnya perbukitan khas dalam film teletubies. Lokasi dari Kawah Wurung yang dekat dengan kawah ijen juga menjadi salahsatu keuntungan, sebab anda bisa mengunjungi hingga 2 tempat sekaligus yang sangat indah dan menawan.

Kawah Wurung ini terletak di daerah Jampit Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso letaknya disebelah barat dari objek wisata Kawah Ijen. Disini selain kita dapat menikmati keindahan Kawah Wurung itu sendiri, kita juga dapat menikmati keindahan sabana disekitar daerah itu. Untuk Hunting atau yang gemar foto-foto disinilah surganya karena disini terdapat banyak tempat yang menabjubkan.

Bagaimana cara menuju wisata Kawah Wurung?

Sumber foto www.tabloidwisata.com
Via Bondowoso
Jika kamu memilih jalur Bondowoso, kamu bisa mengambil rute dari Surabaya menuju Bondowoso dengan melewati jalur Pantura sampai Besuki. Setelah itu ambil pertigaan ke arah Bondowoso sampai arah Wonosari. Dari Wonosari ada pertigaan yang mengarah ke Situbondo dan ke Kawah Ijen, ambil rute ke Kawah Ijen. Lalu perjalanan bakal memakan waktu sekitar 2 – 3 jam sampai ke Desa Sempol (bisa cari penginapan di sini). 

Setelah itu dari Desa Sempol tinggal lanjutkan sekitar 15 menit lagi dengan mengikuti rute jalur yang sudah ada menuju kawah Wurung, yang arahnya masih searah dengan Kawah Ijen. Ikutin aja papan petunjuk jalannya, jelas banget kok, gak mungkin nyasar.

Kalau kalian mau lebih gampang, bisa naik bus AKAS Surabaya – Bondowoso / Malang – Bondowoso, lalu dilanjut dengan mini bus Bondowoso – Sempol. Atau bisa juga carter mobil dari Surabaya atau Malang

Via Banyuwangi
Kalau dari Banyuwangi, kamu bisa ambil ke arah Licin. Kurang lebih 45 menit perjalanan ada pertigaan ke arah Kawah Ijen via Paltuding, ambil arah tersebut. Lalu kamu akan melewati Paltuding (start point pendakian gunung ijen), dan masih lurus lagi, di sebelah kiri jalan ada persimpangan yang bisa kamu ambil untuk mengarah ke Kawah Wurung.

Untuk menuju Banyuwangi, kamu bisa pilih bus AKAS dari Surabaya – Banyuwangi / Malang – Banyuwangi lalu dilanjut dengan microbus / pickup / jeep untuk menuju ke lokasi Kawah Wurung . Atau bisa juga carter mobil dari Surabaya, Malang, Banyuwangi.

Tips Berkunjung  Ke Kawah Wurung

Sumber foto gerbongtape.blogspot.com
Bagi anda yang ingin mencoba menikmati keindahan alam Kawah Wurung sebaiknya membawa kendaraan pribadi saja jika tidak ingin terlalu dipusingkan dengan masalah angkutan. Namun bagi anda yang ingin menuju ke lokasi ini tidak dengan kendaraan pribadi, maka cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menumpnag mobil angkutan warga ber plat hitam dari terminal menuju ke Sempol. Angkutan tersebut juga hanya tersedia hingga jam 2 siang saja atau kurang. Setelah penuh mereka akan langsung berangkat.

Bagaimana, apakah anda tertarik berkunjung ke Kawah Wurung? semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Happy Traveling.

Tag : 
  • kawah wurung
  • kawah wurung bondowoso jawa timur
  • kawah wurung dari banyuwangi
  • kawah wurung adalah
  • akses kawah wurung
  • artikel kawah wurung
  • foto kawah wurung
  • ketinggian kawah wurung
  • misteri kawah wurungpeta kawah wurung
  • paralayang kawah wurung
  • penginapan kawah wurung

Posting Komentar