Cara Menikmati Sajian Kopi Agar Lebih Tahu Cita Rasanya

Banyak orang yang tak bisa melewatkan hari tanpa minum kopi. Setiap orang pun punya selera masing-masing dalam menikmati kopi. Namun, ternyata ada beberapa hal serius yang seharusnya pencinta kopi ketahui.

Sejak dahulu, kopi sudah dianggap salah satu hasil alam yang istimewa. Mengolahnya dari biji hingga menjadi minuman perlu perhatian dan teknik yang cermat.

Tak perlu menikmati kopi di gerai mewah dan mahal, terkadang biji kopi yang paling sedap berasal langsung dari alam.

Kopi termasuk minuman dengan rasa kompleks karena biji kopi sendiri punya banyak macam dan rasa. Saking seriusnya, kopi tak hanya dianggap sekadar minuman, namun juga suatu karya seni. Inilah beberapa hal yang wajib diketahui para pencinta kopi dalam menikmati kopi agar lebih nikmat.


1. Jangan panaskan kembali
Pernahkah Anda lupa meminum kopi yang Anda buat dan memanaskannya kembali? Ternyata, setelah 20 menit, kopi semakin kehilangan kadar keasamannya. Ketika dipanaskan kembali, hal itu tak membuat rasa kopi jadi lebih enak. Menyeruput kopi kesukaan pun jadi tak menyenangkan.

2. Kafein
Banyak orang meminum kopi hanya untuk mendapatkan kafeinnya. Padahal, tak hanya kopi, soda dan minuman berenergi lainnya juga mengandung kafein. Kopi seharusnya mendapat perlakuan lebih dari itu dan juga penghargaan karena rasanya.

3. Kopi bubuk Kebanyakan orang membeli kopi dalam bentuk bubuk.
Rasa kopi ini tentu akan jauh berbeda dengan kopi yang murni dari biji dan digiling sebelum Anda menyeduhnya. Walau ini terdengar sulit dan tidak semua orang bisa melakukannya, kopi dengan cara ini akan menimbulkan aroma dan rasa yang kuat dan nikmat.

4. Jangan beli biji kopi yang berminyak
Minyak yang keluar dari kopi sudah melewati proses yang sedemikian panjang dan lama. Jika Anda melihat ada suatu gerai yang menjual biji kopi yang sudah mengeluarkan minyak, sudah dapat dipastikan bahwa biji kopi tersebut adalah biji kopi yang sudah lama. Ada kemungkinan juga biji kopi tersebut akan mengeluarkan aroma tengik dari minyak jika diseduh.

5. Jangan biarkan orang lain mengatur
Rasa dan teknik membuat kopi yang Anda sukai seharusnya bergantung pada selera dan hak Anda. Jangan biarkan orang lain mengatur rasa kopi karena menurut mereka rasa tersebut lebih enak. Padahal, tanpa Anda sadari kopi juga menunjukkan karakteristik Anda. Karena itu, manjakanlah lidah Anda dengan kopi kesukaan Anda sendiri.

6. Buat lebih sederhana
Secangkir kopi menunjukkan pribadi dan karakter peminumnya. Walau ada banyak teknik, rasa, dan jenis kopi, terkadang semua itu hanya persoalan suhu dan selera. Semakin sederhana sebuah kopi, Anda bisa lebih menikmati minuman ini dengan rasa yang mendekati aslinya.

7. Seorang ahli

Ketika Anda merasa Anda telah menjadi pencinta kopi sejati, jangan melupakan prinsip bahwa kopi tetaplah sebuah minuman. Membeli, mengolah, dan menikmati sendiri kopi di rumah adalah hal yang sangat istimewa. Dengan lebih mengerti dan memahami rasa kopi, lama kelamaan Anda pun mengenal kopi lebih dalam.

(sarang kopi)

Posting Komentar