Pantai Bambang Lumajang, Cantik Namun Terlupakan Wisatawan

Pantai Bambang, merupakan obyek wisata pantai dengan ombak besar berlapis dan biasa mencapai 3 meter, sebagai ciri khas pemandangan pantai selatan. Pantai Bambang terletak di desa Bago Kecamatan Pasirian, 24 Km jarak dari kota Lumajang dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2 dengan akses jalan beraspal, dan diyakini masyarakat sebagai tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul, Ratu dari legenda Pantai Selatan.

Pantai bambang merupakan tipe pantai yang berpasir. Pasir ini juga berfungsi untuk menampung air hujan sehingga meskipun disana dekat laut tetapi banyak terdapat air tawar. Pasir yang ada disini merupakan pasir dari gunung bromo yang mengalir mengikuti aliran lava atau sungai, dengan ciri-ciri pasirny hitam dan berkadar besi tinggi.


Pantai Bambang disamping terkenal dengan ombaknya yang besar, juga terkenal sebagai penghasil Batu Hias berbentuk bulat atau lonjong dengan berbagai ukuran, karakteristik dan keunikan yang terbentuk secara alami dari sedimen muara sungai yang terdapat di pesisir pantai.

Batu-batu hias ini memiliki karakteristik bermacam-macam. Ada yang bertekstur kasar (berpori) ada yang halus. Ada yang berwarna hitam (abu-abu) adapula yang merah bahkan putih kebiruan. Dari segi ukuran juga bermacam-macam, mulai ukuran 1 cm hingga 10 cm. Dari segi bentuk ada yang bulat, lonjong dan pipih.

Untuk harga sangat bervariasi tergantung dari kondisi alam karena terkadang di waktu-waktu tertentu (ombak pasang) sangat sulit untuk mendapatkan sesuai kebutuhan. Tetapi biasanya untuk warna selain hitam agak lebih mahal karena jumlahnya yang terbatas.

Batu-batu hias alami ini biasanya dipakai untuk keperluan hiasan rumah, pertamanan, pedestrian, kolam, dan lain sebagainya. Dengan sentuhan seni yang baik bahkan menjadi sangat layak dan enak dipandang.

Untuk sementara pengelolaan batu hias alami ini belum dilakukan secara baik, hanya personal atau perorangan yang tentunya tanpa berbekal manajemen yang baik pula. Padahal kebutuhan pesanan juga sudah mulai banyak dan terus mengalir bahkan dari luar kota dan luar propinsi.

Pantai Bambang yang terletak di wilayah desa Bago kecamatan Pasirian kabupaten Lumajang merupakan salah satu obyek wisata pantai yang menjadi andalan Kabupaten Lumajang. Namun demikian, popularitasnya masih rendah dan reputasinya masih tergolong skala lokal belum nasional. Sungguh sayang sebetulnya karena pantai ini tergolong sangat berpotensi menjadi tujuan wisata bahari yang menawan.

 Ombaknya yang tinggi bergulung-gulung menjadi ciri khas pantai selatan Jawa dan hamparan pasir berwarna hitam berkilauan di sepanjang pesisir. Pemandangan pegunungan yang berderet berjajar di sebelah barat kian menambah elok suasana.

Saat berkunjung ke pantai Bambang pada hari Sabtu akhir pekan,  anda tidak akan melihat pengelola atau penjaga di loket masuk, jadi bisa bebas tanpa bayar tiket. Sebenarnya tiket masuknya sangat murah, cukup Rp. 2.000 saja. Untuk pengunjung lain terlihat ada rombongan satu keluarga, sedang menikmati bekal makan di bawah rindangnya pohon waru.


Selain itu anda akan melihat truk-truk besar berlalu lalang membawa pasir pantai. Ada juga alat berat yang siap mengeruk dan menaikkan pasir ke atas bak truk. Di sepanjang bibir pantai terhampar butiran pasir hitam. Di sisi barat, Anda bisa menyaksikan deretan pegunungan. 

Mau mampir dan melihat aktivitas pertambangan diantara panorama alam yang ada? Wisata Pantai Bambang, Lumajang, Jawa Timur, bisa menjadi salah satu destinasi wisata ketika anda berkunjung ke Lumajang.

Happy Traveling!

Tag :
  • pantai bambang lumajang
  • foto pantai bambang lumajang
  • lokasi pantai bambang lumajang
  • ubur ubur pantai bambang lumajang
  • pantai bambang di lumajang
  • ubur ubur di pantai bambang lumajang
  • misteri pantai bambang lumajang
  • sejarah pantai bambang lumajang

Posting Komentar