Rekomendasi Wisata Terbaik Di Pulau Bawean

Setelah menuliskan Jadwal Lengkap Kapal Tujuan Gresik-Bawean dan sebaliknya, dalam artikel ini kami akan menuliskan beberapa tempat rekomendasi wisata terbaik di Pulau Bawean. Apa saja sih? Banyak pastinya!

Tahu sendiri kan, sobat, di Pulau Bawean itu punya potesnsi wisata yang sangat mengagumkan. Sangat indah dan juga sangat mempesona. Siapa yang berkunjung kesana pasti akan takjub dengan keindahan alamnya.

Nggak percaya? Silahkan buktikan sendiri.

Jika anda pecinta laut, maka pas sekali jika Bawean tujuan traveling anda. Di laut Bawean masih sangat terjaga kealamiannya. Apalagi bawah lautnya, sudah pasti akan memanjakan mata setiap pengunjung.

Baiklah sobat, langsung saja di simak tempat-tempat wisata yang kami rekomendasikan ketika anda liburan ke Pulau Bawean.

Pulau Noko Selayar

Foto by http://lajurpejalan.com
Suasana di Pulau Noko Selayar tidak jauh berbeda dengan Pulau Noko. Seluruh daratan di pulau berupa pasir putih. Di pulau ini kita akan menemukan sebuah laguna yang cantik menawan. Pemandangan bukit-bukit hijau di kejauhan membuat pemandangannya mirip dengan beberapa pantai di Pulau Lombok.

Noko Selayar juga memiliki pemandangan underwater yang sangat indah. Untuk bisa sampai ke pulau ini kita bisa menyebrang menggunakan perahu penyebrangan dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari Pulau Bawean

Tanjung Gaang

Foto by http://rusabawean.com/
Salah satu keindahan lain yang bisa kita nikmati di Pulau Bawean adalah Tanjung Gaang. Tempat ini merupakan rangkaian batu-batu karang yang berada di tengah-tengah air laut yang sangat biru dan jernih.

Salah satu cara untuk menikmati keindahan di Tanjung Gaang adalah dengan berkeliling menyusuri batu-batu karang menggunakan perahu nelayan yang bisa kita sewa.

Danau Kastoba

Foto by http://lajurpejalan.com
Danau Kastoba merupakan sebuah danau yang berada di tengah Pulau Bawean. Danau ini memiliki suasana alami yang begitu cantik dan memikat. Untuk bisa sampai ke lokasi danau, kita harus melewati jalur trekking sejauh sekitar 500 meter.

Ada sebuah mitos yang berkembang di danau ini. Konon, wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk mengunjungi danau ini jika tidak ingin terkena sial.

Penangkaran Rusa Bawean

Foto by https://intaninchan.wordpress.com
Jalan-jalan ke Pulau Bawean akan kurang lengkap jika tidak melihat dari dekat Rusa Bawean. Seperti yang sudah disinggung, Rusa Bawean merupakan jenis rusa endemik di Pulau Bawean. Binatang ini merupakan jenis rusa langka yang hampir punah.

Untuk bisa melihat dari dekat Rusa Bawean kita bisa mendatangi penangkaran Rusa Bawean di Pulau Bawean. Luas area penangkaran Rusa Bawean sekitar 4 hektare. Meski berada dalam penangkaran, rusa-rusa yang ada di sana merupakan rusa liar. Pengunjung tidak diperbolehkan memberikan makanan kepada rusa-rusa tersebut tanpa ijin dari pengelola.

Pulau Noko

Foto by http://lajurpejalan.com
Pulau Noko adalah pulau yang letaknya bersebrangan dengan Pulau Gili. Pulau ini memiliki luas sekitar 1 km² dengan seluruh daratan merupakan pasir putih. Jadi, di pulau ini kita bisa bermain-main dengan pasir dan ombak pantai yang tidak terlalu besar.

Di pulau ini kita bisa menikmati keindahan bawah lautnya. Di sekitar perairan Pulau Noko kita akan menumpai berbagai ikan hias serta bunga karang. Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut di pulau ini kita harus membawa peralatan snorkeling sendiri karna di Bawean belum ada fasilitas penyewaan peralatan snorkeling.

Pantai Kuburan Panjang

Foto by https://intaninchan.wordpress.com/
Pantai Kuburan Panjang merupakan pantai lain yang memiliki cerita sejarah di Bawean. Di pantai kita akan menemukan sebuah kuburan yang bentuknya memanjang. Kuburan ini dipercaya sebagai makam dari para pengawal Aji Saka di Bawean.

Berdasarkan kisah sejarah tersebut kuburan di pantai ini kemudian dikeramatkan oleh penduduk di Bawean. Pantai Kuburan Panjang sendiri memiliki suasana dan pemandangan yang tidak kalah indah. Pantai ini terbagi atas dua bagian pantai dimana antara kedua pantai tersebut dipisahkan oleh daratan.

Air Terjun Laccar


Untuk yang suka dengan wisata air terjun, di Pulau Bawean juga ada sebuah air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Air Terjun Laccar. Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 20 meter ini memiliki suasana alam yang adem dan menyegarkan.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun kita harus berjalan kaki sejauh 1 km melewati jalan setapak serta menyebrangi sunga berbatu. Meski butuh perjuangan, suasana alami di air terjun ini akan membuat kita merasa nyaman.

***

Sobat traveler, itulah tadi tempat-tempat wisata rekomendasi yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda semua ketika hendak berkunjung ke Pulau Bawean, Gresik.

Jika tidak keberatan, mari kita share artikel ini ke media sosial anda semua agar wisata di Pulau Bawean semakin maju, semakin di kenal masyarakat luas!

Tabik.

Posting Komentar