Rute Dan Cara Reservasi Boking Pantai Tiga Warna, Malang

Pantai yang satu ini adalah salah satu destinasi wisata baru yang ada di Malang. Meskipun baru dibuka pada tahun 2014 pantai ini sudah ramai dikunjungi oleh warga yang ingin menikmati keindahannya. Terdapat keunikan dan keistimewaan yang dimiliki pantai tiga warna, sesuai dengan namanya karena pantai ini terdiri dari 3 warna yang disebabkan karena perbedaan kedalaman air laut, selain itu keunikan yang ada di pantai ini yaitu masih bersih dan jernihnya air laut sangat terlihat alaminya.

Sumber foto rentalmobilmalang.id

Selain itu, siapapun pengunjung yang datang akan disuguhkan oleh keindahan terumbu karang yang ada di dasar lautnya, meskipun tidak seindah pemandangan bawah laut di Karimun Jawa pantai 3 warna cukup recommended untuk kegiatan snorkeling. Pantai 3 warna berada di wilayah rehabilitasi dan konservasi mangrove yaitu di desa Tambakrejo, atau di daerah Konservasi Sendangbiru Kabupaten Malang Jawa Timur.

Pantai 3 Warna ini bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru, yaitu berada di bawah pengelolaan Bhakti Alam yang para anggotanya merupakan masyarakat sekitar. Pantai tiga warna ini berada di wilayah konservasi tapi dijadikan tempat rekreasi dan wisata. Tentunya hal ini bukan semata-mata untuk mencari keuntungan atau memanfaatkan keindahan wisata pantai di Malang selatan ini.

Pihak manajemen ingin memperkenalkan keindahan alam Indonesia dan sekaligus mengedukasi para wisatawan bahwasanya menjaga kelestarian alam itu hukumnya wajib. Itu terbukti dengan ada beberapa peraturan yang diterapkan apabila ingin berkunjung ke wisata pantai tiga warna Malang. Pantai ini masuk di area Rehabilitasi dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hutan Lindung Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang.

Keunikan dari pantai ini adalah memiliki warna air laut yang berbeda-beda disebabkan oleh kedalaman air laut. Selain tempat ini bebas dari sampah, para wisatawan juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut berupa terumbu karang yang masih alami. Pihak pengelola menyewakan peralatan snorkeling lengkap dengan harga Rp.15.000,-. Peralatan tersebut berupa kacamata renang, rompi pelampung dan selang untuk menghidup udara.

Kita tidak diperbolehkan camping di Pantai 3 Warna karena wilayah ini termasuk dalam kawasan konservasi. Kita hanya diperbolehkan camping atau mendirikan tenda di Pantai Clungup dan Pantai Gatra dengan biaya sewa lahan Rp.25.000,- dan sewa tenda Rp.25.000,-

Rute Menuju Pantai 3 Warna Malang

Rute menuju Pantai 3 Warna Malang dapat ditempuh melalui dua pilihan rute, namun yang direkomendasikan kepada traveler yaitu rute ke arah Pantai Goa Cina. Rute ini dapat dilalui dari Kota Malang dan mengikuti petunjuk jalan ke arah Pantai Telaga Sandang Biru, setelah itu Anda akan melihat marka jalan menuju Pantai Goa Cina, Anda ikuti jalan menuju Pantai Goa Cina dan setelah sampai Anda dapat langsung parkir kendaraan di Pantai Goa Cina.

Untuk mencapai Pantai 3 Warna Anda harus menempuh dengan menapaki jalan sekitar 450 meter dan terlebih dahulu sampai di Pantai Clungup. Dan dari Pantai Clungup Anda harus melewati perbukitan dengan jalan batu terjal di kawasan hutan konservasi. Dan sebelum sampai di Pantai 3 Warna Anda akan menemui pos informasi untuk lapor kunjungan sekaligus membayar uang reservasi. Setelah itu Anda akan dipandu oleh petugas hutan agar tidak tersesat.

Selain rute menuju Pantai 3 Warna Malang yang pertama, Anda dapat mencapai rute menuju Pantai 3 Warna Malang melalui rute kedua yaitu rute lintas selatan. Namun rute ini kurang bersahabat, dari jalan lintas tersebut Anda dapat mengikuti jalan menuju Sendangbiru. Sekitar 300 meter maka Anda akan menemui lokasi parkir di perumahan penduduk, Anda dapat memarkir kendaraan Anda di tempat tersebut.

Setelah itu Anda tetap harus berjuang berjalan kaki sekitar 20 menit ke arah Pantai Clungup, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya maka Anda akan sama mengikuti jalan setapak dari pantai Clungup ke arah Pantai 3 Warna. Namun sobat traveler harus tahu seberat apapun rute menuju pantai 3 warna Anda akan disuguhkan oleh keindahan alamnya ketika sampai. Dan keindahan itu akan melepaskan rasa lelah yang Anda rasakan selama perjalanan.

Cara Booking/ Reservasi Pantai Tiga Warna

sumber foto laurangelia.com
Dikarenakan Rute Menuju Pantai 3 Warna Malang ini berada di wilayah konservasi atau di hutan lindung, maka kunjungan ke Pantai 3 Warna dibatasi. Sehingga,kita harus membooking terlebih dahulu jauh jauh hari sebelumnya. Apalagi jika kita ingin berlibur pas weekend, kita harus booking Pantai Tiga Warna sebulan sebelumnya karena tingginya animo traveler yang ingin berkunjung.  Untuk membooking pantai 3 warna pastikan kuota rombongan maksimal 10 orang, kemudian menghubungi pihak penjaga hutan lindung di nomer 0812-3333-9889.

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna

Untuk memasuki kawasan Pantai Tiga Warna (termasuk Pantai Gatra, dan Clungup) pengunjung dikenakan biaya Rp. 300.000 per rombongan dengan perincian Rp. 100.000 untuk sewa guide, Rp. 150.000 untuk sewa lahan dan tenda dan Rp. 50.000 untuk tiket 10 orang. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan di Pantai 3 Warna karena jika kalian meninggalkan sampah maka akan dikenai denda Rp. 100.000 per sampah.

Tips Berkunjung ke Pantai 3 Warna

1. Pasang Surut Air Laut
Disarankan berkunjung di saat air laut sedang normal. Pasang surutnya air laut berpengaruh terhadap spot snorkeling yang akan kita jelajahi. Jika air sedang surut, pihak petugas akan mengarahkan kita ke area tertentu dan tentunya sangat sayang sekali kita tidak bisa mengexplore semua tempat indah disana.

2. Tiba Sebelum Tengah Hari
Perjalanan dari pos tiket masuk ke pantai 3 warna memakan waktu kurang lebih 1 jam berjalan kaki. Usahakan tiba disana sebelum jam 12 siang karena ditakutkan nanti pulangnya hari sudah gelap.

3. Kamera Anti Air
Pantai 3 Warna ini menawarkan keindahan taman laut yang sungguh mempesona, jadi sangat sayang jika tidak mengabadikannya.

4. Persiapan Fisik
Anda akan berjalan kaki pulang pergi kurang lebih 2 jam dan menikmati panorama bawah laut disana 2 jam. Jadi pastikan anda sedang dalam keadaan fit.

5. Sandal Gunung
Jika waktu kunjungan ke Pantai 3 Warna saat musim hujan, setiap pengunjung disarankan menggunakan sepatu gunung atau sandal gunung karena jalanan licin dan berbatu.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Happy Traveling!

Tag : 
  • pantai tiga warna malang
  • pantai tiga warna malang booking
  • pantai tiga warna malang jawa timur
  • cara menuju pantai tiga warna malang
  • guide pantai tiga warna malang
  • lokasi pantai 3 warna malang jawa timur
  • pantai 3 warna kabupaten malang
  • tiket masuk pantai tiga warna malang
  • reservasi pantai tiga warna malang
  • pantai 3 warna di malang selatan
  • snorkeling pantai tiga warna malang
  • pantai tiga warna malang 2016

Posting Komentar