Rute Menuju Air Terjun Putuk Truno, Pasuruan

Pasuruan merupakan salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Pasuruan sendiri terbagi menjadi dua wilayah yaitu Kota dan Kabupaten. Kota Pasuruan sendiri terletak 60 km sebelah tenggara Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur dan 355 km sebelah barat laut Denpasar, Bali.

Sedangkan Kabupaten Pasuruan sendiri berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Laut Jawa di utara, Kabupaten Probolinggo di Timur, Kabupaten Malang di selatan, Kota Batu di barat daya, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Kabupaten ini dikenal sebagai daerah perindustrian, pertanian, dan tujuan wisata.

Pasuruan adalah sebuah daerah yang mempunyai tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah, jika anda ingin berlibur ke suatu tempat disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa tetapi anda akan merasakan senang apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan. Salah satu tempat wisata tersebut yaitu Air Terjun Putuk Truno.

Air Terjun Putuk Truno


Air Terjun Putuk Truno Prigen merupakan sebuah air terjun yang terletak di kaki gunung Welirang dan Arjuno, Pasuruan. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 45 meter ini mendapat perhatian penuh dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan, tak heran jika suasana di lokasi sangat bersih dan terawat. Sehingga setiap wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan betah.

Legenda / Sejarah Air Terjun Putuk Truno

Kisah air terjun ini dilatar-belakangi oleh hubungan seorang lelaki dan perempuan yang bernama Joko Taruno dan Sri Gading lestari. Joko Taruno hanyalah orang biasa, sedangkan Sri Gading Lestari merupakan puteri dari Raden Arya Wiraraja, Adipati Madura.

Hubungan Sri Gading Lestari  dengan Joko Taruno tidak mendapat persetujuan dari sang ayah lantaran status Joko Taruno yang hanya orang biasa, bukan dari keturunan raja maupun ratu. Namun, cinta Joko Taruno terhadap kekasihnya cukup dalam, sehingga ia tetap bertekat untuk menjadikannya istri dan tidak mempedulikan apapun yang terjadi.

Raden Arya Wiraraja sadar akan kebulatan tekat Joko Taruno. Sehingga ia menyembunyikan puteri nya di sebuah tempat yang bernama Coban Baung (Di kawasan Purwodadi, Pasuruan). Tak cukup sampai disitu, Raden Arya juga memagari puteri nya dengan kekuatan gaib, dengan tujuan agar tidak dapat di temukan oleh Joko Taruno.

Dengan keyakinan cinta yang dimilikinya, akhirnya Joko Taruno memutuskan untuk bertapa memohon batuan kepada Sang Penguasa Jagad. Ditengah tengah proses bertapa, tubuhnya tiba tiba berubah menjadi seekor ular.

Singkat cerita, Doa Joko Taruna pun dikabulkan. Benteng gaib yang memagari Sri Gading Lestari pun terbuka. Tanpa sepengetahuan sang ayah, Sri Gading Lestari melarikan diri untuk bertemu dengan pujaan hati nya, Joko Taruno. Keduanya bertemu di sebuah air terjun, dan air terjun itulah yang kini dikenal dengan nama Air Terjun Putuk Truno atau Air Terjun Keabadian. Putuk, dalam bahasa Indonesia berarti Ular, dan Truno berasal dari Nama Taruno. Kisah inilah yang melatar-belakangi asal usul nama air terjun tersebut.

Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno

Ketika berkunjung ke tempat ini, wisatawan wajib memesan tiket terlebih dahulu. Kabar baik nya, Harga tiket di wisata ini cukup murah. Berikut ini biaya biaya yang harus di keluarkan ketika berkunjung ke wisata ini;

·         Tiket Masuk Orang Dewasa/Usia diatas 10 thn. : Rp. 10.000
·         Tiket Masuk anak anak (dibawah usia 10 thn.) : Gratis
·         Biaya Parkir Sepeda Motor : Rp. 2.000
·         Biaya Parkit Mobil : Rp. 5.000

Bagaimana cara menuju Air terjun Putuk Truno?


Rute yang ditempuh untuk sampai ke lokasi juga tidak sulit. Jika anda berangkat dari Pasuruan Kota, anda dapat langsung menuju Kecamatan Prigen, tepatnya menuju Polsek Prigen. Sesampainya di Polsek, anda akan menjumpai pertigaan.

Nah, dari pertigaan tersebut silahkan anda ambil jalur ke kiri, dimana jalur ini mengarah ke lokasi air terjun. Tepat 200 meter dari pertigaan polsek tersebut, di sebelah kiri jalan akan ada papan nama Air Terjun Putuk Truno. Ketika anda menjumpai papan nama tersebut, berarti anda sudah sampai di lokasi dan anda dapat langsung menuju loket pemesanan tiket.

Apabila di petakan, maka rute yang harus anda lalui adalah sebagai berikut;

Pasuruan Kota => Kecamatan Prigen => Polsek Prigen => Air Terjun Putuk Truno
Jika anda berangkat dari arah Surabaya, maka rute yang harus dilalui adalah sebagai berikut;
Surabaya => Sidoarjo => Porong => Gempol => Prigen => Air Terjun Putuk Truno

***
Demikian artikel dari saya mengenai Harga Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno Terbaru 2016. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tag :
  • air terjun putuk truno prigen
  • air terjun putuk turno
  • sejarah air terjun putuk truno
  • legenda air terjun putuk truno
  • misteri air terjun putuk truno
  • sejarah air terjun putuk truno prigen
  • peta air terjun putuk truno
  • foto air terjun putuk truno
  • cerita air terjun putuk truno
  • harga masuk air terjun putuk truno
  • jalan menuju air terjun putuk truno

Posting Komentar