Keindahahan Pantai Kapulogo Trenggalek

Sudah ada rencana berlibur di akhir pekan ini? Jika belum, anda mungkin bisa mengagendakan rencana liburan anda ke sebuah pantai di Trenggalek yang masih belum banyak terjamah oleh banyak wisatawan alias masih perawan.
Wisata ke Trenggalek sekarang ini sedang populer, apalagi suami Arumi Bachsin menjadi bupati di sana. Ada satu kecamatan yang memiliki pantai yang indah dan bersih, yaitu Kecamatan Munjungan.

Di Kecamatan Munjungan, ada banyak sekali pantai karena daerah ini berada di pesisir laut selatan. Ada satu pantai yang terbilang masih minim pengunjung, pantai ini bernama Pantai Kapulogo.

Pantai tersebut adalah Pantai Kapulogo atau lebih tepatnya pantai pulau kapulogo. Disebut demikian karena ada sebuah pulau kecil yang namanya pulau Kapulogo di dekat pantai. Pantai pulau Kapulogo ini berada di Desa Craken Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek.
Pantai Kapulogo sebenarnya masih dalam kawasan Pantai Ngadipuro. Pantai ini pun nampak jelas terlihat dari pantai Ngadipuro, namun tempat ini memang masing tergolong tersembunyi dari pengunjung. Kebanyakan yang kepulau Kapulogo ini adalah nelayan yang mencari kerang, udang atau hewan laut lainnya.
Pantai Pulau Kapulogo ini adalah pantai berpasir putih. Area pasir putih di pantai ini memang tak begitu luas, memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar sekitar 7 meter tapi cukup untuk tempat bermain pasir atau sekedar duduk menikmati debur ombak pantai.
Di sisi kanan kiri serta tengah hamparan pasir pantai, terdapat gugusan karang yang menjulang yang menambah daya tarik tempat ini. Ditambah lagi dengan air lautnya cukup jernih hingga terlihat dasar pantainya, terlihat pula gradasi warna karena pengaruh cahaya, air laut akan tampak kebiru-biruan jan juga kehijauan jika dilihat dari atas batuan karang. Pastinya akan membuat anda betah berlama-lama di tempat ini.
Walaupun letaknya di pantai selatan yang memang terkenal dengan ombaknya yang cukup besa, namun bagi anda yang ingin berenang atau bermain air, pantai Pulau Kapulogo ini bisa dibilang aman. Karena adanya gugusan karang yang memecah ombak. Hanya saja jika waktu air laut pasang kemungkinan air laut memenuhi daerah pasir putihnya.
Nah kalau anda ingin mengunjungi salah satu surga tersembunyi di Trenggalek ini anda bisa menuju ke Kecamatan Munjungan, kemudian menuju arah Pantai Ngadipuro desa Craken. Setelah sampai pantai Ngadipuro anda bisa tanya arah pantai pulau Kapulogo. Jarak dari pantai Ngadipuro menuju Pantai Pulau Kapulogo sekitar 2 Km melewati 2 bukit dengan akses jalan setapak. Jalur ini bisa dilalui dengan berjalan kaki.
Karena belum ada akses jalan yang memadai untuk turun ke pantai ini dan jalur menuju pantai hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati bukit, maka sebelum menuju pantai ini anda juga harus mempersiapkan beberapa hal seperti tenaga dan juga bekal makanan serta minuman agar perjalanan anda lancar.
Sebenarnya untuk menuju pantai ini sahabat sekalian ada dua alternatif selain berjalan kaki, yaitu dengan naik motor tetapi ketika cuaca bersahabat dan tidak hujan. Untuk yang pernah ke Pantai Sanggar Tulungagung medan jalannya lebih kurang seperti itu tetapi masih sulit perjalanan ke Pantai Sanggar. Bisa menyewa perahu dengan kisaran harga termurah 200 rban.(tergantung negonya)

Peringatan
  • Jika Berkunjung ke Pantai Kapulogo Usahakan Waktu Musim Air Laut surut. Karena ketika pasang kita hanya mendapatkan lokasi yang mepet dengan ombak.
  • Air yang bening dan tenang sangat enak digunakan untuk mandi. Jadi kalau kesini bawa baju ganti dan juga pelampung.
  • Bagi yang tidak bisa berenang jangan mencoba untuk berenang, Maklum ciri-ciri laut selatan ombaknya gak bisa di prediksi dan cenderung ganas.
  • Siapkan Fisik yang prima karena jalan yang turun sangat curam dan licin. Begitu juga untuk kembalinya jaga stamina.
  • Bawa kembali sampah yang sudah dibawa.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, happy traveling!

Tag : 
  • Cara menuju pantai kapulugo
  • Rute pantai kapulogo
  • Jalan menuju pantai kapulogo trenggalek
  • Pantai di Munjungan
  • Keindahan Pantai Kapulogo
  • Foto pantai Kapulogo

Posting Komentar