Rute dan Jalur Termudah Menuju Pantai Lenggoksono, Malang

Jalur Wisata - Di Malang Selatan tidak hanya mempunyai satu pantai saja, ada beberapa pantai yang indah wajib dikunjungi untuk melepas masalah. Salah satu pantainya adalah pantai Lenggoksono. Pantai Lenggoksono mempunyai daya tarik tersendiri karena ada yang beda di pantai tersebut, selain pemandangan yang indah, Anda bisa melakukan snorkeling disana.

Untuk mencapai Pantai Lenggoksono membutuhkan waktu kurang lebih 3 - 4 jam. Rute yang harus ditempuh dari kota Malang adalah melewati Turen, Dampit (1,5 jam dari kota), kemudian keselatan sampai ke daerah Tirtoharjo (2,5 jam dari Dampit).


Perjalanan ke pantai Lenggoksono disarankan menaiki kendaraan pribadi, karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke sana. Ada ojek dari Dampit, namun tarifnya sangat mahal Rp.70.000,- per orang. Jika menggunakan motor pribadi, tidak ada Rp.50.000,- untuk sampai sana.

Jalan menuju Lenggoksono bisa dibilang bagus, namun jalannya tidak terlalu lebar. Mendekati pantai, jalan lumayan rusak, dan sempit, harap berhati-hati karena kanan dan kiri jurang  yang tinggi.

Melewati pantai, Anda bisa menikmati pemandangan pohon-pohon, pohon kopi dan pohon cengkeh. Setelah sampai, harga tiket masuk pantai Lenggoksono Rp.5.000,- per orang, tarif parkir sepeda motor Rp.5.000,- per sepeda.

Berikut Rute Menuju Pantai Lenggoksono :

Dari pusat Kota Malang kalian bisa mengambil arah menuju Turen-dampit, petunjuknya sangat jelas untuk arah ini. Setelah sampai kota Dampit kita masih lurus untuk nyampek ke Kec. Tirtoyudo. Dari Tirtoyudo kita ngambil arah Pantai Sipelot. Dari situ kita akan melewati beberapa desa sampai kita menemukan persimpangan yang akan mengarah ke Sipelot dan ke Lenggoksono/Wedi Awu, ambil arah ke Lenggoksono/Wedi

Lalu kita akan menemui persimpangan lagi yang mengarah ke Wedi Awu dan ke Lenggoksono, ambil arah Lenggoksono lagi, ini adalah persimpangan terakhir.

Petunjuk arah disini hasil dari swadaya masyarakat. Jadi yang akan kita temui bukan petunjuk arah resmi yang berwarna hijau dan bentuknya besar. Untuk kalian-kalian yang mau kesini disarankan jangan pergi malam hari atau waktu hujan, karena di sini tidak ada penerangan jalan sama sekali dan tidak warung bagi kalian yang kelaparan. Total waktu yang di tempuh Dari Kota Malang ke Kec. Dampit sekitar 1-2jam, dan dari Kec. Dampit ke Desa Lenggoksono ±1-1,5jam.

Setelah sampai Desa Lenggoksono kita bisa bertanya ke warga sekitar arah menuju TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Setelah sampai TPI kalian bisa memarkirkan kendaraan kalian di sini dan membeli tiket retribusi. Sembari beristirahat setelah perjalanan jauh, kalian bisa sharing sama warga sekitar.

Di sini kalian tinggal pilih mau ke pantai mana. Ada Pantai Lenggoksono, Pantai Bolu-bolu dan Pantai Banyu Anjlok. Untuk menuju ke Pantai Banyu Anjlok kita bisa melewati 2 jalur dan 3 cara yaitu bisa lewat jalur laut dengan sewa perahu atau jalur darat yang bisa di tempuh dengan jalan kaki atau memakai jasa ojek. Sedangkan untuk Pantai Bolu-bolu kita cuma ada 1 jalur, jalur laut.

Kalau mau ke Pantai Banyu Anjlok lewat jalur laut kita melewati beberapa pantai dan dapat merasakan besarnya ombak khas pantai selatan. Bagi kalian yang suka traking kalian bisa jalan kali yang jaraknya ±5km dan membutuhkan waktu sekitar 1jam. Kalau kalian ingin merasakan sensasi berkendara di pegunungan, kalian bisa menggunakan jasa ojek, karena akan melewati tanjakan tinggi, melewati sungai dan masih banyak rintangan yang sangat seru.

Sobat Traveler, bagaimana? Apakah anda sudah tidak sabar untuk mengunjungi pantai-pantai cantik di Malang ini? Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke Pantai Lenggoksono. Terimakasih.

2 Responses to "Rute dan Jalur Termudah Menuju Pantai Lenggoksono, Malang"

  1. Kalau menggunakan mobil Elf Long bisa apa tidak sampai pantai lenggoksono Malang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak, monggo datang ke lenggoksono malang

      Hapus