Rute Menuju Pantai Balanan, Situbondo

Taman Nasional Baluran di Situbondo sudah terkenal keindahannya. Ada hutan hijau dan padang savana yang pemandangannya disebut sebagai Africa Van Java. Tak hanya itu, ada juga Pantai Balanan yang berpasir putih dan airnya jernih.


Pantai Balanan merupakan salah satu pantai yang terletak di TN Baluran. Balanan pun merupakan salah satu resor yang ada di sana dan dihuni oleh penduduk. Balanan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan memancing, Snorkling, ataupun sekedar melihat perkelahian rusa jantan atau juga kawanan kera berwarna abu – abu, serta bisa jua untuk menangkap kepiting jika laut surut. ini merupakan sebuah fenomena alam yang unik yang tidak setiap hari kita dapat saksikan.

Di Balanan tidak terdapat listrik serta sinyal provider. Hal ini dikarenakan jauhnya jarak desa tersebut dari kota serta sulitnya akses untuk masuk ke dalam desa. Balanan memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Balanan serta area mangrove yang sangat luas.

Pantai Balanan berpasir putih serta memiliki air yang sangat jernih. Ketika Anda melihat air laut dari kejauhan akan tampak berwarna biru, namun ketika air sampai pada kaki maka akan terlihat sangat jernih dan bersih.

Terdapat pula savana kecil yang berada di beberapa lokasi dekat pantai. Ketika berjalan di savana dengan terik matahari maka Anda akan disambut oleh biru jernih serta besihnya air laut Pantai Balanan.

Selain pantai terdapat pula ekosistem mangrove. Mangrove di kawasan ini memiliki keunikan lain yaitu terdapat salah satu spesies mangrove yang memiliki nilai jual jutaan rupiah yang bernama sentigi (nama lokal). Sentigi banyak diburu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan ekonominya.

Harga jual sentigi yang cukup tinggi membuat ekosistem sentigi kini sangat menghawatirkan akibat adanya perburuan liar. Kayu sentigi yang ditebang biasanya dipergunakan untuk pembuatan keris serta pohonnya digunakan sebagai bonsai.

Akses untuk mencapai Resort Balanan sangat ekstrem karena harus melewati beberapa kilometer savana serta menuruni tebing hal inilah yang membuat kawasan ini unik. Wisata ini jarang diminati orang untuk berlibur karena medannya cukup ekstrem.

Untuk sampai ke Balanan sendiri kita harus menempuh perjalanan sejauh 3 km dari Bekol atau 5 km dari Bama degan berjalan kaki melewati savana serta hutan. Namun, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan eksotisnya pantai serta padang savana dan beberapa hewan langkah yang  hadir di tengah perjalanan kita.


Rute Menuju Pantai Balanan Dari Surabaya

Surabaya -  Sidoarjo - Pasuruan - Probolinggo – Situbondo

***
Bagaimana, apakah anda tertarik? Semoga artikel ini bermanfaat.
Happy Traveling!

Posting Komentar