5 Barang Bekas Untuk Kerajinan Tangan Dengan Nilai Jual Tinggi

Ringsos.com - Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa untuk memulai mendirikan usaha sendiri di bidang industri kita harus membutuhkan modal yang cukup besar. Memang benar adanya, tapi tidak semua demikian.

Banyak kok bidang industri yang modalnya kecil, dan bahkan tanpa modal sepeserpun. Misalnya kamu ingin membuat industri produk, kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitarmu. Saat ini semakin banyak orang-orang kreatif seperti ini di Indonesia.

Kenapa harus barang bekas? Ya, karena barang bekas kan mudah di dapatkan dan jika harus membelinya pun harganya sangat murah. Jika kamu berhasil membuat produk yang berkualitas dari barang-barang bekas ini, tentu manfaatnya juga sangat banyak. Salah satunya ialah mengurangi limbah di sekitar kita.

Jangan salah, barang bekas kalau dijadikan produk yang di kemas apik akan bernilai tinggi loh harganya. Dan banyak juga produk kerajinan tangan atau souvenir ini yang di kirim ke luar negeri. Maka dari itu, sekarang kamu harus bisa berfikir keras untuk menciptakan lapangan pekerjaanmu sendiri.

Disini admin akan memberikan contoh produk kerajinan tangan dari barang-barang bekas. Siapa tahu nanti bisa menginspirasi kamu. Langsung di simak saja ya contoh-contohnya di bawah ini.


Botol Bekas

kerajinan tangan dari botol bekas


Botol bekas tentu sangat mudah kamu dapatkan di sekitarmu. Tahu sendiri kan bahwa masyarakat di Indonesia sendiri senang dengan minuman-minuman botol seperti ini. Kamu nggak perlu malu untuk mencari botol-botol seperti ini.


Tapi, kalau misalkan kamu malu, kamu juga bisa mendapatkan botol tersebut di pengepul atau rumah penyedia rongsokan. Datangi saja rumahnya.

Fungsi botol bekas ini sangat banyak. Bisa kamu olah sendiri semau kamu, yang penting bisa terlihat cantik dan elegan. Dan yang tak kalah penting, pantaskah jika di jual di pasaran? Kamu bisa meminta pendapat dari beberapa temanmu soal ini.

Kertas dan Koran Bekas

kerajinan tangan dari kertas bekas
Apakah kamu pelanggan koran? Jika ya maka kamu sudah punya modal. Jika kamu tidak punya, langsung saja pergi ke warung-warung yang berlangganan koran tersebut, silahkan kamu minta, kalau nggak boleh ya kamu beli saja. Atau kalau kamu punya modal lebih, langsung saja ke pengepul kertas bekas. Beli sebanyak-banyaknya.

Dari kertas koran ini kamu bisa membuat kerajinan tangan yang keren. Membuat kapal-kapalan, mobil-mobilan, asbak, dll. Semua itu tergantung kreativitas kamu. Untuk menjualnya, pertama-tama tawarkan saja ke teman dekat kamu. Biasanya kalau produkmu bagus, teman kamu akan merekomendasikan produkmu ke teman-teman yang lain. Dan saling menyambung hingga produkmu di kenal masyarakat luas.

Kaleng Minuman Bekas

kerajinan tangan dari kaleng minuman bekas
Untuk mendaptakan kaleng bekas ini memang rada sulit, tapi saya yakin jika kamu mau berusaha pasti akan ada saja kaleng bekas untuk di dapatkan. Kalau memang sudah mentok susah mendapatkan kaleng bekas, kamu beli saja ke pengepulnya.

Kaleng bekas ini bisa kamu buat menjadi mainan anak seperti perahu, mobil-mobilan, kompor lapangan, dll. Tergantung kreativitas kamu. Silahkan kamu oleh sendiri agar kaleng bekas tersebut menjadi barang yang mempunyai nilai jual tinggi.

Kain Bekas

kerajinan tangan dari kain bekas
Saya yakin, pasti kamu punya baju-baju yang sudah tidak terpakai di rumah kan? Dari pada kamu jadikan gombal dan lap di dapur mending kain bekas ini kamu jadikan barang yang bisa mendatangkan keuntungan buatmu.

Dari kain bekas ini kamu bisa menjadikannya sebagai layang-layang, lampion, damar kurung, dll. Semua itu tadi punya nilai jual yang tinggi. Apalagi jika kamu mengemasnya dengan apik dan mempunyai nilai seni yang tinggi. Saya jamin, produkmu akan Go Internasional!

Ban Kendaraan Bekas

kerajinan tangan dari ban kendaraan bekas
Untuk mencari ban bekas ini memang tergolong sulit dan sedikit membutuhkan modal. Untuk mendapatkan ban bekas ini, kamu perlu mendatangi tukang tambal ban. Biasanya disana banyak ban bekas yang tidak terpakai. Dari pada di bakar? Mending kamu beli saja kan. Tawar saja dengan harga murah.

Dari ban bekas ini kamu bisa membuat kursi, meja, dan kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual tinggi. Terus asah kemampuan kamu dalam mengembangkan produk yang akan kamu ciptakan. Buatlah sesuatu yang beda dari yang lain.

***

Nah, sobat itulah tadi 5 barang bekas yang bisa kamu pakai untuk membuat kerajinan tangan dan produk dengan nilai jual tinggi. Yang penting kamu harus bisa membaca peluang pasar. Intinya tetap semangat berfikir ya, gais! Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu.

Tabik!

Posting Komentar