Rute dan Jalur Termudah Menuju Curug Cijalu, Subang

Jalur Wisata – Halo sobat traveler, apakabar nih kalian semua. Lama sekali rasanya tidak berbagi info mengenai jalur wisata. Tapi jangan khawatir, kali ini kami akan memnerikan ulasan mengenai curug yanng ada di Jawa Barat. Apa nama curugnya? Curug Cijalu!

Yup, bagi kalian yang ingin kesana dan bingung bagaimana cara menuju kesana, nanti kami akan memberikan informasinya secara kengkap. Kalian simak saja terus di tulisan ini ya.

Curug cijalu seluas 2ha termasuk KPH Bandung Utara, BKPH Wanayasa, RPH Tangkuban Perahu yang secara administrasi pemerintahan terletak di Kabupaten Subang Kecamatan Sagala Herang Desa Cipancar.

Wana wisata ini terletak pada ketinggian 1.30m dpl, konfigurasi lapangan umumnya bergelombang . Kawasan ini mempunyai curah hujan 2.700mm/th dengan suhu udara 18-26C.


Potensi Kawasan

Wana wisata ini terdiri dari hutan alam dan hutan tanaman, sumber air yang ada berupa mata air yang saat ini dimanfaatkan untuk keperluan pengunjung. Potensi visual lansekap didalam kawasan yang menarik adalah air terjun, hutan alam dengan udara yang sejuk dan hutan tanaman.

Potensi Wisata

Wana wisata ini digunakan untuk wisata harian dengan kegiatan yang dapat dilakukan adalah piknik, mandi air terjun, lintas alam dan mendaki gunung.

 Curug Cijalu dibuka sejak 1 September 1984 berlokasi dihutan produksi blok Cijengkol RPH Tangkubanperahu Utara, BKPH Wanayasa Kab Purwakarta dan Desa Cipancar Kab Subang. Dengan luas 8ha daerah ini diproyeksikan sebagai obyek wisata.

Dulu sebelum dikelola air terjun itu sudah sering dikunjungi orang-orang keturunan Tionghoa. Mereka menganggap air terjun itu tempat mandi para bidadari, tutur seorang penduduk Desa Cipancar yang sudah tinggal disana lebih dari enam puluh tahun . Kepercayaan ini timbul lantaran saat matahari pagi memancar, akan bermunculan pelangi-pelangi kecil memantul dari air terjun.


Lokasi Curug Cijalu terletak di Desa Cipancar, Kecamatan Sagala Herang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak pada titik Koordinat GPS: -6° 42' 43.00", +107° 35' 49.00"


Berjarak 37 Km dari kota Subang ke arah Selatan (1 jam perjalanan) atau sekitar 50 km dari Kota Bandung kearah utara (1,5 jam perjalanan). Sekain itu juga dapat dicapai melalui Purwakarta kurang lebih 25 km ke arah Wanayasa. Kondisi jalan, umumnya beraspal dan hanya sebagian kecil yang masih berupa jalan batu, dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat. .

Salah satu rute ke Curug Cijalu yang paling dekat ialah melalui Purwakarta ke arah Wanayasa yang jaraknya sekiar 25 km. di pangkalan ojek Kampung Legok Barong, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes 5 km setelah pasar Wanayasa belokan kanan memasuki jalan desa ke arah Desa Cipancar.

Jarak dari pangkalan ojek tersebut menuju lokasi wisata sekitar 4 km, Dari sini kita bisa mengikuti petunjuk arah jalan yang bisa kita temui pada plaang-plang yang terdapat di pinggir jalan.

Harga Tiket masuk Curug Cijalu masih relatif murah.. jadi jangan lupakan untuk mengunjungi obyek wisata ini saat anda berlibur ke Kabupaten Subang Jawa Bawat.

Nah, sobat, itulah tadi ulasan singkat mengenai bagaimana Cara Menuju Curug Cijalu. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan anda saat menuju lokasi tersebut. Jangan lupa share artikel ini ke kawan-kawan kalian agar lebih bermanfaat lagi. Terimakasih.

Posting Komentar