Tips Dan Panduan Lengkap Belajar Biola Untuk Pemula

Ringsos.com - Halo sobat pecinta musik di tanah air, apakabar kalian semua? Semoga selalu baik-baik saja ya, agar kamu isa beraktifitas dengan baik. Sobat, apakah kamu sedang ingin belajar biola mulai dari nol? Kamu belum bisa sama sekali bermain biola? Pas sekali kalau gitu, karena disini saya akan memberikan tips dan panduan bermain biola.

Biola merupakan alat musik berdawai dan sifatnya melodis. Yup, dengan bermain biola ini artinya kamu akan bermain melodi saja. Beda lagi jika kamu memainkan biola dengan banyak orang, misalkan group orkestra, maka tidak mesti kamu sebagai melodi, melainkan bisa saja menjadi pengiring.

Sebelum berlatih biola, alangkah baiknya kamu harus mengetahui bagian-bagian yang ada pada body biola. Berikut bagian-bagian yang ada pada biola :

Ukuran Biola


Ukuran biola sendiri berbeda-beda, tergantung siapa yang memainkannya. Ukuran biola yaitu 1/16 sampai 4/4. Kalau yang memakainya anak-anak, biasanya pakai yang di bawah 4/4 , menyesuaikan seberapa besar pemainnya. Kalau untuk dewasa ya pakai 4/4.

Senar Biola


Biola memiliki 4 senar dengan nada yang berbeda-beda. Untuk senar 1 open adalah senar yang bernada E, senar 2 open  bernada A, senar open 3 bernada D, dan untuk senar yang terakhir senar no 4 open ialah bernada G. Perlu kamu ingat, senar pada biola ini sangat mirip dengan senar gitar, namun jika putus kamu tidak boleh menggantinya dengan senar gitar, harus dengan senar biola yang asli.

Fretless


Biola ini merupakan alat musik fretless, jadi dia tidak mempunyai grip atau freet seperti halnya gitar. Tentunya memainkan biola akan lebih susah. Disini kamu di tuntut untuk memainkan filling sebagus dan sekuat mungin agar tahu kalau nada tersebut fals atau tidak. Pakailah perasaan jika memainkan biola. Hehe,

Bow


Bow adalah alat penggesek untuk menghasilkan bunyi pada biola. Tanpa alat ini tentu kamu tidak akan bisa membunyikan biola. Tapi jangan khawatir, setiap pembelian biola baru pasti sudah dapat Bow nya juga. Bow memiliki serat khusus seperti rambut yang berwarna putih. Jika sudah profesional biasanya bahan Bow ini terbuat dari rambut ekor kuda. Buat kamu yang masih pemula pakai saja Bow bawaannya,

Rosin


Rosin merupakan alat pendukung untuk Bow. Bentuknya seperti damar agak lengket-lenget. Gunannya untuk di oleskan ke rambut bow agar kesat saat menggesek senar biola. Tanpa Rison, kamu tidak akan bisa menghasilkan bunyi yang bagus dari biola. Biasanya kalau beli biola baru kamu sudah dapat Rosin, tapi jika habis, kamu juga bisa membelinya di toko-toko musik.


Letakkan kiola di pundak kiri



Kenapa kok di letakkan di pundak kiri? karena memang sudah wajib hukumnya, biola gaya mainnya sudah di desain seperti itu. Untuk pemula biasanya memang sangat sakit di leher, tapi kamu bisa memberi alas kain agar empuk atau shoulderrest khusus biola dan seukurannya di toko musik.

Pegang Bow dengan tangan kanan


Pegang Bow seperti pada gambar. Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa memegang dengan gayamu sendiri agar nyaman. Namun, setelah kamu sudah mahir, alangkah baiknya teknik memegang Bow mu seperti yang ada pada gambar agar terlihat rapi dan mempunyai estetika.

Gesek dawai dengan Bow


Nah, inilah sebenarnya yang paling susah untuk pemula. Untuk pertama, kamu harus bisa menggesek dengan tempo sangat pelan. Semakin pelan akan semakin susah. Usahakan bunyi yang keluar bersih, jangan sampai ada kreekk...krekkkk...kreeek. Upayakan sampai suara sehalus mungkin dari senar satu kesenar lainnya. Lakukan ini dulu sampai satu bulan, jangan terburu tekan nada di fingerboard.

Tekan Fingerboard dan Gesek


Jika kamu sudah lancar menggesek dan memegang Bow tanpa kesulitan sedikitpun, sekarang waktunya kamu mencari nada dengan menekan jari kiri ke senar di fingerboard. Cari nada-nada terserah kamu, kalau bisa urutkan sesuai tangga nada seperti do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Mainkanlah fillingmu agar nada yang keluar tidak fals.

Memainkan lagu sederhana


Sampai tahap ini, sekarang kamu harus mempraktekkan belajarmu. Carilah lagu kesukaanmu yang bertempo pelan dan nyanyikan melalui melodi biola. Usahakan kamu sudah hafal betul lagunnya, agar kamu tidak kesulitan jika mencari nadanya di biola. Jika satu lagu sudah selesai, mainkan lagu yang lain dengan tempo yang lebih cepat.


***

Nah, sobat, itulah tadi Tips dan Panduan Belajar Biola Untuk Pemula. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kamu. Pesan saya, kamu harus selalu berlatih dengan konsisten paling tidak satu hari sekali dengan durasi satu jam. Saya yakin, jika kamu konsisten dalam berlatih, maka satu bulan saja kamu akan cepat mahir bermain biola.

Tabik!

Posting Komentar