Tips Dan Panduan Lengkap Cara Belajar Gitar Untuk Pemula

Ringsos.com - Gitar merupakan alat musik yang sangat di gemari banyak orang terutama anak muda baik cowok maupun cewek. Gitar juga sangat mudah untuk di bawa kemana-mana, dan bisa dimainkan dimana saja.

Hal inilah yang menjadikan gitar sebagai alat musik yang sangat di gemari oleh masyarakat di dunia. Selain untuk hiburan, menurut studi, bermain gitar bisa mencerdaskan otak, melatih otak kanan dan otak kiri manusia.

Dengan seiring waktu bermain dan belajar gitar, secara tidak langsung akan menjadikan manusia lebih kreatif dan inovatif. Tidak percaya? Silahkan kamu buktikan sendiri.

Sobat, dalam artikel kali ini saya akan memberikan Tips Dan Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula. Mulai dari alat, sampai teknis belajarnya. Sebelum saya memberikan tips, saya ingin bertanya sama kamu. Apakah kamu berniat sungguh-sungguh dalam berlajar gitar? Jika ya silahkan lanjut membaca, jika tidak stop sampai disini. Jangan lanjutkan membaca.

Kenapa saya bertanya demikian? Karena gitar itu belajarnya nggak mudah bro! Bisa di bilang, gitar itu alat musik yang paling susah. Jadi durasi latiannya harus banyak dan rutin. Siapkah kamu berlatih gitar secara rutin? Jika tidak siap, maka kamu hanya akan buang-buang waktu.

Baiklah sekarang langsung saja silahkan simak tipsnya!


1. Pilih Jenis Gitar 


Untuk pemula, saya sarankan kamu memakai gitar dengan senar nylon, karena senar nylon tidak seberapa "menyakitkan" di banding senar kawat. Benar, sakit banget kalau untuk pemula jika latihan pertama menggunakan senar kawat.

Jika kamu belum punya gitar dan ingin membeli gitar, usahakan mengajak teman atau saudara yang sudah mengerti gitar, minimal gitar yang nyaman untuk kamu pegang. Nggak mau dong pas belajar gitar tiba-tiba tangan kamu kram gara-gara jarak senar sama papan finger kejauhan.

Maka dari itu, kamu harus punya gitar yang baik dan nyaman. Ingat ya, baik nggak harus mahal kok. Gitar baik bisa kamu dapatkan, bekas nggak masalah, pokoknya ajak saudara atau teman yang mengerti gitar.

2. Belajar Kunci/ Chord Gitar


Untuk bisa bermain gitar, kamu harus belajar chord atau kunci gitar yang paling dasar. Minimal kamu harus tahu kunci gitar A-B-C-D-E-F-G, baik itu minor ataupun mayor. Itu saja yang perlu kamu pelajari. Hafalkan setiap kunci, mainkan secara berurutan mulai dari A-G.

Jika kamu bingung tidak ada yang mengajari, kamu bisa melihat di youtube. Sekarang banyak sekali video tutorial yang mengajarkan gitar dari pemula sampai mahir.

Namun, yang pertama kali harus kamu pelajari ialah Chord/ kunci gitar saja dulu. Untuk mencari video di youtube, silahkan kamu ketik saja keywordnya : "Tutorial Kunci/ Chord Gitar Dasar". Pasti banyak video yang bermunculan disana. Pilih video yang berkualitas bagus agar kamu bisa jelas mencontoh dan menyimaknya.

3. Belajar/ Latihan Struming/ Genjrengan


Pasti kamu bingung ya apa yang dimaksud struming? Struming ialah teknik menggenjereng senar gitar yang di lakukan jari kanan. Pola struming ini sangat banyak variasinya, masing-masing lagu mempunyai jenis pola struming yang berbeda.

Susah nggak, min? Gampang kok. Justru belajar struming itu lebih mudah dari pada belajar macam-macam kunci atau chord dasar gitar.

Kalau kamu bingung nggak ada yang mengajarimu, kamu bisa melihat tutorial cara dan macam-macam pola struming di youtube. Ada banyak sekali macam-macam pola struming, kamu tinggal mencari video tersebut dengan keyword : "Macam-macam pola struming/ genjrengan gitar untuk pemula".

4. Mainkan Lagu Sederhana


Setalah kamu belajar kunci dasar dan pola struming, sekarang saatnya kamu mempraktikannya di lagu sederhana. Lagu sederhana juga banyak sekali, ribuan, bahkan jutaan lagu sederhana. Pilih saja lagu yang kamu suka, yang kamu hafal liriknya agar kamu juga bisa ikut bernyanyi.

Kan nggak tahu kunci/ chordnya, min? Itu mah gampang sob, kamu tinggal browsing saja kunci gitarnya di internet kan banyak. Misalnya kunci gitar lagu Noah, pasti sudah banyak yang menuliskan chord/ kuncinya.

Teruslah berlatih hingga satu lagu utuh itu kamu kuasai, jangan berpindah lagu jika lagu yang kamu pelajari sekarang belum lancar. Jika satu lagu sudah selesai sempurna, baru kamu mencari lagu yang lainnya. Intinya pelajari sampai selesai dan kamu juga bisa sambil menyanyikannya.

5. Evaluasi


Pada tahap ini kamu sudah bisa memainkan gitar dan sambil bernyanyi. Sekarang kamu harus unjuk kebolehan tentang apa yang sudah kamu pelajari. Contohnya dengan bermain gitar di depan teman-temanmu atau saudaramu.

Suruh teman atau saudaramu memberi komentar dan pendapat. Apakah mereka mendengar main gitaranmu sudah enak, atau masih fals. Ini penting sekali sob, soalnya kamu bisa tahu di bagian lagu mana yang kurang enak sehingga kamu bisa memperbaiki kesalahanmu.

Jika sudah menemukan mana yang nggak enak, dan mana yang fals, segera perbaiki dengan latihan yang cukup.

***

Nah sobat, itulah Tips dan Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula dari saya. Pesan saya, latihanlah yang teratur dan disiplin. Jika proses latihan kamu serius, maka hasil tak akan berbohong. Permainan dan progres belajar gitar kamu akan maksimal.

Baiklah, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Nantikan artikel dari saya selanjutnya ya!

Tabik.

Posting Komentar