Cara Beli Tiket Kereta Api Lewat Traveloka

Halo sobat, saya mau ngasih info ke anda semua nih yang hobi bepergian naik kereta. Saat ini anda bisa membeli tiket kereta api di Traveloka. Yup, sekarang Traveloka menyediakan pembelian Tiket Kereta api. Pasti seneng dong ya, pembeliannya pun jadi lebih mudah, anda tidak perlu lagi repot-repot mengantri ke stasiun.

Nah, buat anda yang ingin tahu bagaimana cara membeli tiket kereta api di Traveloka, yang harus anda lakukan ialah mendownload aplikasi Traveloka versi terbaru. Atau anda bisa mengakses websitenya langsung melalu browser di leptop atau komputer anda.

Dan bagi anda yang sebelumnya sudah mempunyai aplikasi Traveloka, silahkan update dengan memperbarui dulu aplikasinya melalu Google Playstore untuk Android, dan di Appstore untuk anda yang pengguna iOS.

Baik sobat, langsung saja kita simak bagaimana cara membeli tiket kereta api di Traveloka.

1. Buka aplikasi Traveloka anda atau bisa melalu browser komputer atau leptop. Tapi saya sarankan untuk memakai Smartphone saja karena lebih simpel. Jika anda belum mempunyai aplikasi Traveloka silahkan download dulu kemudian Instal. Dan jika anda sudah punya namun yang versi lama, silahkan update dan perbaharui aplikasi Traveloka.

2. Pilih ikon yang bertuliskan "Tiket Kereta Api"


3. Cari kereta. Masukkan asal kota anda dan tujuan anda beserta tanggal keberangkatan. Lalu isi juga jumlah penumpang. (lihat gambar). Jika sudah silahkan klik/ tab "Cari".


4. Pilih kereta api yang ingin anda naiki. Ada pilihan ekonomi, nisnis, eksekutif. Pilih saja sesuai selera dan budget di kantong anda. Jika sudah memilih, klik kereta yang anda pilih. (lihat gambar)


5. Isi data pemesanan. Disini anda disuruh mengisi data pemesanan. Isilah sesuai nama lengkap anda, beserta nomor telepon dan alamat Gmail. Selanjutnya isi "Data Penumpang". Jika anda membeli tiket dengan jumlah lebih dari satu, silahkan isi semua nama-nama tersebut dengan nama lengkap penumpang. Kemudian "Lanjutkan Ke Pembayaran". (lihat gambar)


6. Pada halaman ini, anda akan di suruh mereview atau mengoreksi pemesanan anda. Ada yang salah atau tidak. Jika tidak ada kekeliruan, lanjutkan ke "Pilih Metode Pembayaran". (lihat gambar)


7. Nah, pada tahap ini, anda disuruh untuk memilih metode pembayaran apa. Mau transfer antar Bank juga bisa, bayar di Indomart juga bisa. Namun disini saya akan memilih Transfer bank ATM Bersama. Klik/ tab "ATM". (lihat gambar)


8. Pada halaman ini, silahkan anda baca "Syarat & Ketentuan Pembayaran". Jika setuju, langsung saja klik/ tab "Bayar Sekarang". (lihat gambar)


9. Pada tahap ini, anda di beri waktu beberapa menit untuk menyelesaikan pembayaran. Di layar ada kok batas waktunya, saran saya agar anda segera membayarnya. Jika anda sudah mentransfer ke ATM Traveloka, silahkan klik/ tap "Saya Sudah Bayar".


10. Selanjutnya, kirimkan bukti pembayaran (struk transaksi) anda ke Traveloka. klik/ tap tulisan "Upload Bukti Pembayaran".


11. Selesai. Pihak Traveloka akan segera mengkonfirmasi pembayaran anda, dan silahkan anda mengecek Email yang masuk. E tiket kereta api anda akan di kirim oleh Traveloka.

12. Untuk menggunakan tiket kereta ini, anda tinggal mengeprint E Tiket yang telah dikirm oleh Traveloka tadi di email anda. Atau tunjukkan saja email tersebut ke pihak tiketing di Stasiun satu jam sebelum keberangkatan.

***

Sobat pembaca, demikianlah artikel mengenai bagaimana cara membeli tiket di Traveloka. Semoga artikel ini bisa membantu anda. Jika ada seputar pertanyaan mengenai Traveloka silahkan anda tanyakan melalui kolom komentar.

Terimakasih.

19 Responses to "Cara Beli Tiket Kereta Api Lewat Traveloka"

  1. Aku td pesan tiket ka viatraveloka
    Tp kok gak da upload bukti pmbayarn ya
    Saya sdah bayar trus lngsung dpet e tiket

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, sekarang nggak pakai uplod bukti pembayaran. Langsung dapat e tiket di email

      Hapus
    2. Bisa mbak, kan chekin memang 1 jam sebelum keberangkatan

      Hapus
  2. E tiket udah dapet, kalau 5 hari sebelum keberangkatan, di cetak boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, misal tidak dicetak juga boleh, lihatkan saja email e tiketnya

      Hapus
  3. eTicket itu gak perlu cetak tiket lagi ya? Atau cuma cetak boarding pass doang? Pencetakan boleh di 7*24 jam klo kata Traveloka,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, gak perlu tidak masalah. Tapi kalau mau di print ya nggak masalah juga sih, buat cadangan juga biar aman. Siapa tahu kebijakan stasiun ada yang beda

      Hapus
  4. Maksudnya ngeprint itu adalah ngeprint e-tiket yg sudah kita terima di email menjadi tiket kereta api yg kertasnya warna oranye agak tipis itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, benar sekali. Meskipun nggak pakai di print juga gpp kok, tunjukkan saja e tiket yang ada di email.

      Hapus
  5. Maaf mas, bedanya e tiket sama boarding pass apa ya? Yang tulisannya "bisa di print 7x24 jam.."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boarding pass dapatnya di stasiun, nanti e tiket itu ditukar dengan boardingpass

      Hapus
  6. Kalau kita sudah melakukan pemesanan. Lalu kita kan di beri waktu untuk membayar, kalau kita tidak segera membayar bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hangus, artinya anda harus melakukan pemesanan ulang

      Hapus
  7. Misalkan Traveloka ada promo potongan harga tiket kereta api dgn periode booking 6-10 November.tapi rencana pesan tiket tgl 9 Nov buat keberangkatan tgl 20 Des. Yg saya tanyakan:
    1. Apa saya akan mendapatkan potongan harga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, pokoknya mas harus belinya jangan sampai kelewat tgl 10 november biar dapat promonya

      Hapus
  8. Mas,, kalau berangkat nantinya e tiket yang di email diprint dan dikasihkan saja terus bisa langsung berangkat di hari H nya?? Apa harus apa lagi setelah ini? Saya baca S&K nya, saya membaca kata "etiket digunakan untuk cetak boarding tiket di stasiun", nah itu magsudnya apa mas,, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di print langsung di stasiun bisa mas. Nanti ada barcode yang harus di scan, kemudian akan keluar boarding passnya. Jadi gak perlu di print dari rumah

      Hapus
  9. Kalau mau transfer pakai mobile banking kira2 milih metode pembayarannya apa yah mas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tranfer mas, nanti ada pilihan banknya

      Hapus