Cara Mudah Membuat Hp Android Jadi Remote TV dan AC

Kemajuan jaman tentang teknologi sekarang memang tak terlakkan. Salah satunya ialah dengan berkembangnya smartphone android yang kian multifungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan banyaknya aplikasi-aplikasi di smartphone ini, kita sebagai penggunanya akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi tersebut.

Bicara soal aplikasi, dalam postingan ini saya akan membahas tentang cara mengubah hp android menjadi remote televisi. loh, emang bisa? Bisa. Sangat bisa. Namanya juga teknologi canggih, sob. Semuanya mana ada yang nggak bisa dilakukan dengan smartphone. Iya nggak!

Berawal dari kebingungan saat saya sedang pengen-pengenya menonton pertandingan bola di televisi, tiba-tiba remote televisi di rumah saya hilang entah kemana. Mungkin keselip di ruangan yang lain. Kemudian dengan spontan saya mencari aplikasi di Google Playstore untuk mendownload Remote segala fungsi. Dan akhirnya ketemu.

Nah, dari situlah saya berinisiatif untuk menuliskannya di blog. Siapa tahu masih banyak teman-teman yang belum tahu kalau hp android kita bisa kita fungsikan menjadi remote televisi. Baiklah, mari kita simak langsung bagaimana cara mengubah android menjadi remote televisi dan Ac.

Cara mengubah smartphone android menjadi remote TV dan AC

1. Menggunakan aplikasi WatchOn


a). Langkah awal

-Silahkan download dan instal aplikasi watchon di smartphone android anda.

-Kemudian pilih "Select Country or Region"  pilih "Indonesia".

-Pilih TV Berlangganan yang anda gunakan, jika tidak ada pilih saja "Indovision".

-Kemudian akan tampil pilihan personalisasi, anda pilih "Skip" dan akan muncul syarat ketentuan dan pilih "Agree".

b). Langkah Pengaturan

-Untuk tahap pengaturan, anda harus tekan gambar remote yang berada di pojok kanan atas. Kemudian pilih "Continue" dan pilih merk TV yang anda gunakan.

-Jika merk TV tidak ada dalam daftar, pilih saja "Show Other Brands", kemudian "klik tombol power untuk menyalakan TV". Kalau TV berhasil hidup klik "Yes, This Code One Work".

-Jika tombol tadi tidak berhasil menyalakan TV, silahkan klik "Send This One Code Again". Kalau masih tetap gagal silahkan anda pilih "No, Test Next Code XX (sesuai nomor kode)" dan terus silahkan anda coba sampai bisa.

-Kalau berhasil akan tampil "Set-Top Box" pilih "My.....TV" (sesuai Merk TV). dan jika TV yang anda gunakan adalah antena biasa (analog) pilih "My...TV" dan proses selesai.

-Jika seandainya kamu menggunakan Decoder atau Receiver, pilih "Set-Top Box" dan terakhir pilih merk Decoder yang anda gunakan.

Catatan 1 : Apabila anda memiliki banyak TV dalam rumah, anda juga bisa menambahkanya dengan cara pilih Menu => pilih Setting => pilih Add Room dan set seperti langkah diatas.

Catatan 2 : Apabila anda ingin menambahkan AC, DVD, Blue Ray Player atau lainya caranya pilih tombol menu => pilih Add Device => dan pilih perangkat yang anda gunakan. Dan lakukanlah Set seperti anda mengatur TV.

2. Menggunakan aplikasi IR Remote



- Download dan Instal aplikasi IR Remote di google play store melalui smartphone android anda.


-Tunggu sampai proses selesai dan jalankan aplikasi tersebut.

-Anda akan menemui beberapa menu, pilih IR Database dan kemudian pilih brand atau merek Televisi anda. Misalnya Panasonic, atau LG.

-Selanjutnya anda akan dibawa pada sebuah interface layaknya sebuah remote TV.


-Melalui interface atau antarmuka tersebut anda bisa mengganti chanel TV atapun mengubah volume suaranya.

***

Nah sobat, itulah tadi cara bagaimana mengubah hp smartphone android menjadi remote multifungsi. Silahkan cara di atas anda terapkan di rumah anda. Jika ada pertanyaan silahkan saja anda meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar