Teknik Ampuh Dan Umpan Mancing Ikan Gabus Liar

Ringsos.com - Berawal dari sebuah obrolan di warung kopi, teman saya ini menanyakan ke saya bagaimana cara memancing ikan gabus dan umpan apa yang paling di gemari ikan predator ini. Oh iya, tekniknya juga ia tanyakan. Maklum, teman saya ini lagi gemar-gemarnya memancing. Jadi sangat keranjingan sekali kalau di ajak bahas soal pancing memancing.

Dan dari situlah artikel ini saya tulis...

Sebenarnya tidaklah sulit untuk memancing ikan gabus karena ikan ini berjenis predator. Yup, gabus merupakan ikan yang doyan makan sesama jenis jika lagi kepepet tidak ada makanan di sekelilingnya. Bahkan, anaknya sendiri pun akan di makan jika induknya sedang lapar. Mengerikan bukan? Itulah sebabnya pernah ada yang bilang kalau orang hamil dilarang keras makan ikan gabus.

Ikan gabus ini bisa hidup dimana saja, pokoknya airnya tawar. Tak jarang juga kita bisa menemui jenis ikan ini hidup di got, selokan, parit, dan perairan sawah. Apalagi kalau di empang, si ikan gabus ini akan lebih betah lagi hidup disana.

Untuk ukurannya juga terbilang wow, sangat besar meskipun ia hidup di air tawar. Waktu itu saya pernah melihat paman saya memancing dan mendapatkan ikan gabus yang panjangnya sekitar 70 cm. Saya sendiri sampai merinding, ini ikan benaran apa ikan jadi-jadian? Eh setelah di masak asam-asam ternyata ikan beneran.

Baik, itulah tadi sekilas tentang ikan gabus. Sekarang kita kembali ke pembahasan awal, yaitu tentang bagaimana cara memancing ikan gabus, apa umpan yang cocok, dan bagaimana teknik untuk memancing ikan gabus.

Pasti kamu sudah penasaran kan, ya? Oke, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.


Cara dan teknik memancing Ikan Gabus

1. Untuk memancing ikan gabus ini butuh waktu yang tepat. Dan waktu yang tepat itu ialah sore hari karena saat sore biasanya ikan akan keluar kepinggiran untuk mencari makan. Sedangkan jika di siang hari, ikan gabus akan cenderung berada di kedalaman air.

2. Yang harus kamu tahu ialah, ikan gabus mempunyai tingkat kepekaan yang tinggi. Jangan sampai kamu bising saat memancing ikan ini. Ikan gabus tidak akan keluar memperlihatkan keberadaanya jika ia mendengarkan suara asing yang menurutnya adalah ancaman.

3. Pakailah alas pancing yang kuat dan senar yang bagus. Alat tersebut bisa kamu beli di toko-toko aksesoris toko pancing. Pakailah  timbulan/ pengapung yang tidak terlalu besar. yang penting kamu bisa melihat tanda-tanda bahwa umpan akan di makan si gabus.

4. Tidak ada yang tahu kalau kamu nantinya akan mendapatkan hasil ikan yang besar atau kecil, maka dari itu, bawalah mata pancing yang ukurannya sedang. Agar ikan yang ukurannya kecil pun mau memakan umpan di mata pancing.

5. Teknik "jegog", kalau di daerah saya teknik ini ialah menamam alas pancing di tepi kolam, sungai, dll, tempat kamu memancing. Untuk umpannya harus yang masih hidup dan bergerak (biasannya walang, dan jangkrik), dan umpannya di letakkan pada permukaan air, sedikit mengambang. Umpan yang bergerak di atas permukaan air yang bergoyang ini akan memancing ikan gabus untuk mendekat ke umpan.

Umpan yang cocok untuk memancing Ikan Gabus

1. Katak Kecil / Percil


Katak kecil ini sebenarnya umpan yang sangat umum bagi kalangan pemancing khususnya pemancing di empang dan sungai. Untuk cara mengaitkan umpan di mata pancing, tusukkan mata pancing di bagian ekor katak. Usahakan kondisi katak masih hidup agar bisa menarik perhatian ikan gabus.

2. Jangkrik


Jangkrik merupakan umpan untuk memancing ikan gabus yang sangat ampuh. Seperti yang sudah saya singgung di atas. Untuk mendapatkan jangkrik kamu juga tidak perlu repot-repot karena jangkrik bisa kamu beli di toko atau kios-kios yang menjual pakan burung.

3. Belalang


Walang juga umpan yang sangat ampuh. Apalagi yang walang besar berwarna merah kecoklatan. Walang mempunyai daya tahan yang kuat dan mampu bertahan hidup hingga dua hari walaupun punggungnya di tusuk oleh mata pancing. Saran saya, antara umpan dan air harus sejajar agar gerakan walang bisa menarik perhatian ikan gabus.

4. Ikan kecil


Ikan kecil yang cocok sebagai umpan memancing ikan gabus adalah ikan wader. Wader juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Cara mengaitkan ikan wader dengan mata pancing ialah dengan menusukkan mata pancing ke punggungnya, dan usahakan ikan wader tersebut dalam keadaan masih hidup.

5. Ulat daun pisang


Ulat ini merupakan pakan yang umum digunakan, namun jangan salah, keampuhannya juga tidak dapat diragukan, apalagi ulat tersebut ukurannya besar. Tentunya akan memancing ikan gabus untuk segera melahapnya. Kamu bisa mencari ulat ini di kebon pisang pada daun yang tergulung-gulung. Kupaslah gulungan daun pisang tersebut, kamu akan menemukannya.

6. Cacing tanah


Meskipun hewan ini menjijikkan, tapi kamu harus bisa menahannya karena umpan yang satu ini juga sangat di gemari ikan gabus untuk santapannya. Bau amis yang dikeluarkan cacing inilah yang akan membuat ikan gabus bernafsu untuk menyantapnya. Untuk mendapatkan cacing ini kamu bisa mencangkul di tanah yang agak basah seperti disamping got. Pasti kamu akan bertemu cacing disana.


***

Nah sobat, itulah tadi artikel mengenai cara memancing ikan gabus dan umpan apa saja yang cocok untuk ikan gabus ini. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda yang hobi memancing. Jika ada yang ingin kamu sampaikan atau menambahkan ide kamu, jangan sungkan-sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Tabik!

Posting Komentar