Tips Dan Cara Menghemat Kuota Internet Simpati - Telkomsel

Ketika kita menggunakan internet, biasanya kita akan lupa karena sangat keasyikan berselancar di dunia maya. Mulai dari main sosial media, download, dan streaming video. Tahu-tahu kuota sudah habis. Memang hal ini harus kita kontrol agar dalam pemakaian internet tidak boros.

Meskipun internet saat ini bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok, namun kita sebagai pengguna internet haruslah bijak. Tidak baik memang jika berlebihan, namun kalau memang urusan kerja tidak masalah karena ittu memang sebagai pendukung.

Sobat, dalam artikel kali ini ijikanlah saya berbagi tips mengenai bagaimana cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis. Agar Anda dapat lebih lama menikmati koneksi internet Simpati, maka Anda harus menghemat penggunaan kuota Anda. 

Kabar baiknya, ada cara-cara menghemat kuota paket internet Simpati tanpa perlu mengurangi banyak kesenangan Anda menggunakan internet.


Tips dan cara menghemat kuota Internet Simpati

1. Periksa aplikasi yang memakan kuota data

Pengaturan Aplikasi di ponsel atau fitur Task Manager di komputer bisa memberitahukan Anda kecenderungan konsumsi data setiap aplikasi. Matikanlah aplikasi yang menyedot banyak data, apalagi aplikasi yang ternyata tidak sedang Anda buka. Selain itu, bersihkan perangkat Anda dari aplikasi yang tidak terpakai.

2. Atur pembaruan otomatis (auto-update)

Matikan pengaturan pembaruan otomatis sama sekali atau pilih pengaturan pembaruan hanya saat ada Wi-Fi. Pengaturan pembaruan otomatis bisa Anda atur pada masing-masing aplikasi. Bisa juga secara keseluruhan di pengaturan PlayStore atau App Store Anda.

3. Non aktifkan sinkronisasi otomatis (auto-sync)

Proses sinkronisasi data (kontak, kalender, email) pada ponsel atau komputer Anda sebenarnya sangat memakan kuota. Apabila Anda ingin menghemat kuota paket internet Simpati, ada baiknya Anda non-aktifkan pengaturan ini. Biasanya pengaturan ini terdapat pada menu Pengaturan Akun, baik di ponsel maupun pada aplikasi komputer. Lakukan sinkronisasi saat ada dukungan Wi-Fi saja.

4. Pakai Google Chrome atau Opera Mini untuk browsing

Aktivitas konsumsi data sebenarnya juga sangat dipengaruhi oleh jenis browser yang Anda pakai. Untuk menghemat kuota internet, Opera Mini dan Google Chrome merupakan browser yang memiliki fitur Data Saver atau Kompres Data terbaik.

5. Gunakan mode offline untuk Youtube dan Google Maps

Kedua aplikasi ini sangat memakan kuota berlebih. Daripada Anda terus memakan kuota sendiri (apalagi untuk video atau peta yang sama) berulang-ulang, sebaiknya aktifkan mode Offline. Dengan ini, lain waktu menonton video atau membuka peta yang sama, Anda bahkan tidak membutuhkan koneksi internet.

6. Aktifkan fitur Mobile Data Limit pada ponsel Android

Ponsel Android memiliki fitur khusus yang bisa membatasi penggunaan data internet. Demi menghemat paket internet simpati anda, aktifkan fitur ini dengan cara masuk ke Pengaturan (Setting) > Penggunaan Data (Data Usage), dan aktifkan pilihan “Set Mobile Data Limit”. Koneksi internet akan diputus saat konsumsi data Anda sudah melebihi batas tertentu. Dengan demikian, anda bisa lebih menghemat paket internet simpati Anda.

***

Nah, sobat. Itulah tadi 6 tips dan cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom yang sudah disediakan ya. 

Terimakasih!

2 Responses to "Tips Dan Cara Menghemat Kuota Internet Simpati - Telkomsel"

  1. Sepertinya Itu bukan hanya untuk kartu simpati namun untuk semua jenis hp

    BalasHapus