Tips Untuk Para Pemula Sebelum Bermain Bass

Ringsos.com - Halo sobat pecinta musik, sepertinya lama sekali saya tidak menuliskan tentang musik di blog ini. Dan sekarang saatnya saya mau memberikan informasi mengenai Tips bermain Bass untuk pemula, Buat anda yang baru saja ingin mendalami musik bass, maka sangat pas sekali jika anda membaca artikel ini.

Sebelum ke tips bermain bass untuk pemula, mari kita cari tahu dulu apa sih itu "Bass". Bass yang ingin saya bahas disini ialah Bass elektrik yang biasa dipakai untuk main band. Fungsi Bass sendiri ialah sebagai akar kord. Dengan adanya bass ini seseorang pendengar akan lebih mudah mengetahui kord apa yang terkandung dalam lagu tersebut.

Meskipun lebih sering memakai satu nada, namun peranan Bass disini sangat penting. Apalagi jika dalam musik tersebut ada instrument drum. Maka dari itu Bass dan Drum harus kawin. Jika salah satunya tidak serasi, maka bunyi yang dihasilkan tidak akan bagus.

Sekarang marilah kita simak tips untuk para pemula sebelum bermain Bass, berikut ini ulasannya silahkan anda baca dengan seksama...


1. Kesabaran

Kesabaran merupakan kunci yang harus dipegang. Jangan ingin semuanya serba instan. Dalam pembelajaran Bass, semuanya harus melalui tahap demi tahap agar kita bisa tahu seberapa kemampuan kita.

2. Jangan Terburu-buru

Belajar bersabar. Menjadi pemain Bass handal tidak bisa terjadi dalam hitungan menit dan jam. Belajar Bass membutuhkan ketekunan berlatih dan konsistensi yang tinggi. Karena itu, untuk mempelajari Bass bukanlah sebuah proses yang singkat.

3. Peganglah Bass Dengan Benar

Pastikan anda memahami semua aturan memegang Bass yang baik dan benar. Untuk pemula, jangan terlalu manja dengan ketidaknyamanan memegang, karena pada akhirnya anda nantinya akan terbiasa. Seiring dengan berjalannya waktu, nda tidak akan kesakitan lagi seperti saat tahap awal.

4. Latihan Jari

Pada bagian ini sangatlah penting dalam permainan Bass. Dengan menggenjereng gitar biasa, maka akan sangat berguna untuk melenturkan jari tangan anda. Mungkin anda pernah berfikir hal ini tidak berguna, namun jika tidak dilakukan, tangan anda akan sulit beradaptasi dan akan terus kaku.

5. Membaca Kord Bass

Jangan pernah anda menganggap menguasai beberapa kord Bass saja anda sudah merasa mahir, lakukanlah dengan perlahan, jika merasa capek istirahat sebentar kemudian lanjutkan lagi sampai anda benar-benar menguasai. Ingat, masih banyak yang harus dipelajari dalam bermain Bass.

6. Beralatih Sesering Mungkin

Latihan merupakan faktor terpenting yang akan menjadikan anda seorang Bassis yang handal. Usahakan berlatih Bass setiap hari secara rutin, paling tidak sisihkan waktu 30-60 menit dalam sehari untuk berlatih Bass.


***

Nah sobat, itulah tadi Tips Untuk Para Pemula Sebelum Bermain Bass. Semoga dengan membaca artikel ini anda akan semakin termotivasi dan semakin memiliki keinginan kuat untuk bisa bermain Bass. Pesan saya yang terakhir ialah, teruslah berlatih, berlatih, dan berlatih. Ingat, sebuah proses tidak akan menghianati hasil!

Terimakasih.