Bagaimana Menuju Pulau Gili Noko, Bawean?

Bagaimana Cara Menuju Pulau Gili Noko, Bawean?

Pertanyaan ini sering saya dapatkan dari teman-teman ketika saya mengunggah foto-foto saya sewaktu saya berlibur ke Pulau Bawean. Ya, di Pulau Bawean memang tidak ada transportasi umum. Jadi yang paling mudah tentu dengan membawa motor sendiri dari kota tujuan, atau kalau tidak membawa kendaraan anda bisa menyewa saja di Pulau Bawean.

Untuk menuju Pulau Gili-Noko, dapat ditempuh dari berbagai pantai pulau Bawean, dengan menaiki sampan atau kalotok (perahu mini bermotor terbuat dari kayu). Bisa melalui Desa Sungaiteluk (Dusun Sungaitopo), Desa Sawahmulya (Dusun Bom) dan Desa Sungairujing (Dusun Taubat). Jika hanya ingin menempuhnya 20 menit saja sebaiknya naik sampan dari Desa Daun (Dusun Alas Timur) dan Desa Sidogedungbatu (Dusun Pamona).

Dermaga pelabuhan Gili  Noko

Berapa Tarif Naik Perahu ke Gili Noko?

Untuk tarif yang paling murah anda bisa menumpang perahu warga Gili Noko yang hendak ke pasar, tarifnya 15-20 ribu. Biasanya pagi-pagi sekali warga menyeberang ke Sangkapura untuk belanja kebutuhan sehari-hari dan kembali lagi ke Pulau Gili Noko sekitar jam 10 an. Nah, sebelum jam 10 pagi sebaiknya anda stand by di pelabuhan agar tidak ketinggalan. 


Jika anda tidak ingin menyarter boat juga bisa, tentunya menghemat waktu tapi akan berat di ongkos. Kalau perginya ramai-ramai sih tidak masalah bisa iuran. Harga sewa boat di pelabuhan sekitar 300-400 ribu, sudah termasuk alat-alat snorkling. 

Dimana Penginapan di Pulau Gili Noko?

Belum ada penginapan di pulau ini. Jika anda ingin bermalam di sana, anda bisa mendirikan tenda di Pulau Noko. Pulau Noko bersebelahan dengan Pulau Gili, jaraknya sekitar 130 meter, bisa di tempuh dengan berjalan kaki. Saran saya jika ingin bermalam di Pulau Noko alangkah lebih baik minta ijin duu ke warga sekitar. Perlu di ingat juga, setahu saya di Pulau tidak ada penjual makanan, jadi lebih baik anda membawa bekal makanan sebelum menyeberang ke pulau.

Ada apa di Pulau Gili dan Pulau Noko?

Seperti pada umumnya pulau-pulau kecil lainya. Di Gili Noko anda bisa menikmati pantai yang mempesona, dan pastinya masih sangat bersih dan alami. Hamparan pasir putih timbul di bibir pantai akan memanjakan siapa saja yang memandangnya. Juga, air laut yang berwarna hijau tosca itu begitu menggairahkan, sudah pasti anda akan tergoda untuk menceburkan diri ke air laut. 


Bagaimana dengan bawah lautnya? jangan tanya lagi soal ini, sudah pasti lengkap, terumbu karang yang padat berbagai jenis, ikan-ikan berwarna warni yang cantik. Anda pasti takjub melihat taman bawah laut Pulau gili Noko.


Sahabat Media Celoteh, itulah tadi sedikit ulasan dari saya tentang Bagaimana Cara Ke Pulau Gili Noko. Anda mungkin sudah pasti tahu gambaran cantiknya Pulau ini seperti apa. Lekaslah berkunjung, karena ada berita baik, sekarang ini penerbangan dari Surabaya ke Pulau Bawean sudah beroprasi. 


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di share ke teman-teman anda. Terima kasih. salam.

2 Responses to "Bagaimana Menuju Pulau Gili Noko, Bawean? "

  1. kontak perahu ke pulau gili ada nga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada pak, silahkan langsung on the spot saja. Disana banyak kok, di pelabuhan pamona

      Hapus