Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele Untuk Pemula

Tips sukses budidaya dan beternak - Beternak ikan lele kalau dilihat tanpa kalkulasi yang pasti memang kadang terlihat membutuhkan modal banyak. Namun sebenarnya tidak. Tergantung bagaimana kita menyiasati agar modal awal kita tidak besar.

Biasanya, yang paling memerlukan modal besar adalah pengadaan kolam. Jelas modal yang akan kita keluarkan akan besar jika kita membangun kolam lele dengan semen. atau kolam permanen. Untuk itu, dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat kolam terpal ikan lele.

Kolam terpal ikan lele dengan menggunakan kerangka bambu akan jauh lebih murah dibandingkan kalau membuat dari kerangka besi. Untuk membuat kolam lele ini, ada beberapa bahan yang harus anda siapkan diantaranya ialah terpal, bambu, dan pipa, dan tak lupa juga tempat atau lahan.

sumber foto : ilmuhewan.com
Tutorial yang saya berikan disini ialah membuat kolam terpal lele berukuran 2x4 langsung diatas tanah tanpa digali sebelumnya. Anda harus menyiapkan bambu kurang lebih sebanyak 10 buah yang panjangnya rata-rata 7 meter. Dan terpal yang harus anda siapkan ukurannya yaitu 4x6 meter. Baik, sebaiknya langsung saja kita simak proses cara membuat kolam terpal ikan lele.

Cara dan proses pembuatan kolam terpal ikan lele

Merakit dinding kerangka kolam

Silahakan anda potong bambu dengan ukuran 2 meteran dan 4 meteran. Untuk jumlahnya, sesuaikan saja dengan tingkat rapatnya dinding kolam. Apabila tingkat kerapatan dinding dengan potongan bambu tadi semakin banyak, maka kerangka kolam anda akan semakin baik dan kuat.

sumber foto : daunijo.com
Setelah anda selesai memotong bambu, kupaslah bambu-bambu tersebut agar halus. Karena jika dinding kolam dari bambu tersebut kasar, maka resikonya akan merobek terpal. Apabila stok bambu anda terbatas, sebaiknya tingkat kerapatannya anda prioritaskan saja dibagian bawah.

Ketika tahap perakitan ini, buatlah pagar dinding dengan ukuran 1 x 4 dan 1 x 2, masing-masing 2 buah. Yang perlu anda ingat ialah, letakkan bagian pagar yang halus didalam agar resiko merobek terpal. Dan apabila ana selesai membuat pagar, buatlah patok dari bambu utuh kemudian belah menjadi 2 bagian.

Pagar-pagar bambu yang dikaitkan dengan patok tersebut bisa anda ikat dengan tali atau kawat. Jika anda mengikatnya dengan kawat, harap ikat dengan rapi agar tidak sampai merobek kolam terpal anda. Nah, jika kerangka pagar dan tiang patok sudah berdiri, sekarang saatnya membuat saluran pipa sebagai pembuangan air.

Membuat saluran pipa untuk pembuangan air

Kegunaan pipa ini ialah untuk membuang air yang sudah tidak layak untuk ikan lele. Sebenarnya bisa saja menggunakan sanyo atau mengurasnya dengan manual. Namun cara tersebut tentu akan menghabiskan banyak waktu. Dan fungsi utama pipa ini sebenarnya sebagai pengatur ketinggian air.

sumber foto : daunijo.com
Mengaitkan terpal dan pipa ke kerangka kolam

Ini adalah tahap akhir dan bisa dikatakan finishing. Untuk itu anda harus berhati-hati dalam mengaitkan terpal agar jangan sampai bocor. Maka dari itu  anda harus mengeceknya terlebih dahulu sebelum memasukkan ikan-ikan lele anda ke kolam.

***

Nah sobat, itulah tadi artikel mengenai cara membuat kolam terpal ikan lele. Apabila anda ingin sukses, segeralah untuk membangun kolam terpal untuk ikan lele karena biayanya juga tidak terlalu mahal. Dan banyak sekali informasi cara ternak ikan lele yang sudah di bagikan di internet, silahkan anda baca agar wawasan anda bertambah.

Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar