Tips Berlatih Gitar Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula.

Tips Berlatih Gitar Yang Baik Dan Benar Cara Mudah Bermain Gitar Belajar Gitar Untuk Pemula. Setiap orang pasti ingin mempunyai ketrampilan, terutama bermain musik. Saya ingin tahu, siapa yang tidak suka dengan musik, hampir semua orang di bumi ini menyukai dan pernah mendengar musik, sekalipun itu nyanyian alam. Maaf lebay. Benar tidak? Seperti lagu dangdut ciptaan Bang H. Roma, "dimana-mana di atas dunia, banyak orang bermain musik".

Ngomong-ngomong soal musik, sesuai judul artikel ini, di sini nantinya saya akan memberikan tips bagaimana cara memainkan gitar dengan baik dan benar untuk pemula. Sebenarnya saya juga pemula sih, tapi apa salahnya jika berbagi sedikit ilmu untuk sesama. Dan sebelumnya saya mohon maaf, karena saya tidak bermaksud untuk menggurui anda, atau menganggap diri saya hebat, sama sekali tidak. Saya juga masih belajar untuk bisa lebih baik dalam bermusik.


Bagaimana Cara Memainkan Gitar Yang Baik Dan Benar?

Gitar memang alat musik yang ringkas dan mudah untuk di bawa kemana-mana. Selain itu gitar adalah alat musik harmoni, dimana kita bisa mengiringi orang bernyanyi, atau memainkan melodi, dan bahkan bisa sekaligus dipakai untuk perkusi. Iya, serius, bisa untuk perkusi dengan cara di pukul pada body gitar. Asalkan pukulanya jangan terlalu kuat supaya gitar anda tidak pecah. Baiklah, dari pada banyak basa-basi, langsung saja simak tipa-tips berikut ini tentang bagaimana cara memainkan gitar dengan baik dan benar untuk pemula.

Tips Agar Permainan Gitar Lebih Baik

1. Niat Dan Tujuan

Sebelum mempelajari suatu hal baru, tentu harus di dasari dengan niat. Jika tidak ada niat, maka sampai kapanpun tujuan itu tidak akan tercapai. Seperti halnya belajar memainkan instrumen gitar, jika anda tidak sungguh-sungguh sampai kapanpun anda tidak akan bisa memainkan gitar dengan baik. Jangankan memainkan, menghafal letak nada saja mungkin anda akan sering lupa. Saran saya, sebelum anda menekuni belajar musik terutama gitar, anda harus menyediakan waktu luang untuk berlatih. Kembalikan ke niat dan tujuan anda, anda ingin bermain gitar dengan baik.

2. Mengetahui Dasar-Dasar Teori Musik

Jika anda ingin memainkan musik atau alat musik gitar dengan baik, anda harus mempelajari teori dasar. Teori sangat penting, misalnya anatomi gitar atau bagian-bagian gitar. Kemudian hafalkan nama nada open string dari senar no 1 sampai no 6. Dan kalau bisa belajarlah membaca notasi balok. Percayalah, jika anda bisa membaca notasi balok beserta tanda dan simbol pada ilmu musik, anda nantinya akan bisa mandiri dalam bermain musik. Dan musikalitas anda nantinya pasti akan berkembang.

3. Kontrol Emosi Saat Berproses

Yang saya maksud emosi adalah supaya anda sabar untuk mencapai tujuan. Ya, tentunya tujuan untuk bisa bermain gitar dengan baik dan benar. Seringkali jika kita melihat teman kita yang sudah pandai bermain gitar, maka rasanya ingin sekali cepat-cepat bisa menyamai skill mereka. Sebenarnya bagus, ini motivasi. Tapi jika ingin cepat maka harus di imbangi dengan latihan yang tekun. Jangan memaksakan jari-jari anda berlari secepat kilat sebelum waktunya. Pelan saja, nikmati prosesnya. Ibaratanya anda bayi, anda tidak mungkin bisa langsung berlari setelah dilahirkan, anda harus merangkak dulu, berjalan, dan kemudian berlari. Inilah yang saya sebut emosi. Saya yakin anda mengerti maksud saya.

4. Berlatih Dengan Konsisten

Tidak ada seorang musisi hebat yang tidak pernah berlatih. Seorang gitaris profesional biasanya sehari butuh waktu 8 jam untuk latihan. Bermain gitar adalah soal ketrampilan, anda di tuntut untuk berlatih dengan tekun dan rutin. Minimal waktu untuk seorang pemula adalah 30 menit setiap hari. Ini tidak harus langsung 30 menit, bisa anda cicil pagi 10 menit, siang 10 menit, dan malam 10 menit, yang penting rutin setiap hari. Dari pada anda berlatih satu minggu sekali dengan lama waktu berjam-jam, semua itu akan percuma. Yang ada malah lupa bagaimana memainkan materi musik sebelumnya. Ingat, musik itu praktek, tidak bisa jika hanya anda bayangkan. Dan satu lagi, tidak ada yang instan dalam bemusik. Semua butuh proses.


5. Perbanyak Referensi

Sah-sah saja mengidolakan seseorang yang sudah hebat dan mempunyai jam terbang tinggi. Dan lebih baiknya anda mempunyai banyak idola, dari sana anda bisa membandingan karakter bermusik mereka. Dengarkan nada-nada yang mereka ciptakan, perkaya perpustakaan lantunan melodi yang sudah anda dengar. Kemudian anda harus berbeda dengan mereka, cari sela-sela yang tidak di punyai oleh mereka atau orang lain. Karena saya percaya, orang hebat mempunyai karakter yang kuat. Seperti halnya 2 musisi ini, jika anda mendengarkan Paul gilbert dan John Petrucci bermain gitar, coba anda dengarkan nada-nada yang mereka lahirkan, pasti sangatlah berbeda di antara keduanya.

6. Kursus Musik/ Sekolah Musik

Alangkah baiknya anda mempunyai guru. Seperti dalam perjalanan, jika anda tidak punya peta atau penuntun, anda akan tersesat. Yang berguru saja belum tentu lancar kan? Dan dalam perjalanan meskipun anda mempunyai peta, bisa saja anda salah jalur. Karena setiap proses pasti selalu ada halangan dan rintangan. Dari guru anda bisa mendapatkan solusi, dan juga motivasi. Selain itu anda akan lebih serius dan giat berlatih, kenapa? Karena anda bayar, dan biaya kursus musik tidaklah murah. Sayang kan kalau mubadzir. Semoga anda mengerti dengan maksud saya.

Itulah tadi sedikit tips dari saya tentang Cara Bermain Gitar Dengan Baik. Sekali lagi saya mohon maaf, saya tidak bermaksud menggurui dan merasa hebat. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat. Selamat berlatih!

Salam 6 Dawai!

Posting Komentar