Rute Menuju Pantai Karang Bolong, Pacitan

Pantai Karang Bolong sangat terlihat eksotis, yang merupakan salah satu tempat wisata pantai yang ada di Pacitan, selain Pantai Klayar. Letaknya pun tidak jauh dari Pantai Klayar. Kita bisa menikmati keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang gagah dengan tebing yang menjorok kelaut yang berada di tepi Barat pantai ini. Tak jauh beda dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali. Dinamakan Karang Bolong karena dari sebuah tebing terdapat ditengahnya berlubang.


Tidak ada alat transportasi umum ke tempat ini. Selama dalam perjalanan, mata akan dimanjakan oleh pemandangan khas pedesaan dan pegunungan. Jalanan berkelok-kelok, naik turun dan kondisi jalan yang sedikit hancur menjadi tantangan tersendiri. Meski akses menuju wisata ini minim, tetapi begitu sampai rasa lelah akan terobati dengan keindahan pantai yang benar-benar masih alami. Hamparan batu karang besar, desiran ombak dan gagahnya tebing di kanan kiri pantai pastinya membuat kita betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Pantai Karang Bolong terletak di desa Sendang kecamatan Donorojo. Sekitar 35 km arah Barat kota Pacitan. Sebuah kota yang berada di ujung Barat paling Selatan provinsi Jawa Timur ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selama dalam perjalanan menuju Pacitan, mata kita akan dimanjakan dengan panorama khas pegunungan. Jalanan yang berbelok-belok, rindang serta hijaunya pepohonan membuat perjalanan tidak membosankan.

Berikut adalah rute menuju Pantai Karang Bolong, Pacitan :


Akses jalan menuju Pantai Karang Bolong tidaklah sulit, jalur termudah adalah melalui jalan ke Klayar. Dengan melintasi jalur Pacitan - Solo, dan persimpanganya adalah di Pertigaan Punung (lihat papan penunjuk arah goa Gong). Dari arah Pacitan kota belok kiri, lalu ikuti jalan kearah Goa Gong ini hingga sampai di pertigaan besar. Lalu pilih belok kanan arah Goa Gong / pantai Klayar, sesampai di Parkiran area goa Gong ikuti jalur utama saja hingga sampai di perempatan kalak, lalu belok kiri arah desa Sendang ikuti terus jalan itu hingga sampai pertigaan dengan Papan penunjuk arah Pantai Klayar. Lalu beloklah ke kanan ikuti jalur klayar tersebut, dan kalau sudah sampai di lokasi Tiketing masuk Pantai Klayar, nah disitu lah jalan masuk Pantai Karang bolong adalah belok kanan pas didepan lokasi pos tiket masuk Klayar. Ikuti jalan belok kanan itu (masih jalan tanah pada januari 2016), tak jauh lagi maka anda akan sampai di "Pantai Karang Bolong"

Sesampainya disini kita bisa menikmati keindahan laut lepas Samudera Hindia, dengan tebing-tebing hijau yang menantang ombak dengan ujung tebing menjorok kelaut. Pantai yang masih satu wilayah kecamatan dengan Pantai Buyutan ini dinamakan Karang Bolong karena dari salah-satu tebing yang menjorok ke laut terdapat beberapa lubang tembus ditengahnya, akibat kikisan ombak yang menghantamnya terus-menerus dalam waktu yang lama.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya Karangbolong ini bukanlah sebuah pantai yang berpasir, melainkan hanya sebuah tebing yang menjorok ke tengah laut bagaikan tanjung. Dan tebing ini tidak bisa dituruni karna sangat curam dan di bawahnya juga merupakan Perairan yang dalam dengan warna biru gelap dengan ombaknya yang dahsyat. Jadi jangan harap anda bisa bermain air di sini.
Sedangkan disisi lain masih ada spot surganya Karang bolong yang tak kalah indah dengan tebing utama, yaitu Air terjun Karang bolong. Air terjun ini adalah muara sungai kecil yang ada di atas dan aliranya tetputus oleh tebing sehingga airnya langsung turun ke lautan. Dan lokasi air terjun ini ada di sebelah kanan tebing yang runtuh. Namun sayangnya air terjun ini bersifat musiman, jadi biasanya akan kering saat kemarau. Jika anda pernah menyaksikan air terjun yang eksotis ini mengalir deras berarti anda termasuk orang yang beruntung.

Apa yang menarik di Pantai Karang Bolong?

Daya tarik lainya dari Pantai Karangbolong yaitu sebagai obyek fhotografi. Spot Tebing Karang Bolong merupakan salah satu tempat favorit untuk lokasi hunting Photo disaat Sunrise maupun Sunset. Karena tebing disini letaknya ditengah laut dan menjorok ke arah selatan. Dengan suasana landscape yang sangat indah, ini adalah salah-satu kelebihan yang di miliki Pantai Karang bolong yang tidak dimiliki Pantai lain di Pacitan. Walau belum ada pengelolaan, Tapi ini malah menjadi suatu kelebihan dengan kealamianya yang berpadu keindahan dan ciri khasnya yang unik serta tampil beda dengan landmark yang tak ada duanya di Pacitan.

Panorama khas Pantai Karang Bolong adalah kita bisa menikmati keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang gagah dengan tebing yang menjorok kelaut yang berada di tepi Barat pantai ini. Tak jauh beda dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali.

Dinamakan Karang Bolong karena dari sebuah tebing terdapat ditengahnya berlubang. Hamparan batu karang besar, desiran ombak dan gagahnya tebing di kanan kiri pantai pastinya membuat kita betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimakasih.

Posting Komentar