Cara Membatalkan Tiket Pesawat Traveloka | Traveloka Refund Online

Banyak sekali alasan kenapa orang membatalkan tiket pesawat di Traveloka. Biasanya sih karena acara ke tempat tujuan batal. Nah, kalau tiket tersebut jika dibiarkan saja tentu akan sayang, mending di refund kan? Jika anda tidak tahu apa itu refund, refund adalah istilah untuk membatalkan atau mengcancel apa yang sudah terlanjur dipesan dan sudah dibayar.

Seperti pengalaman saya beberapa waktu lalu ketika saya mau pergi ke Lombok, nah disitu teman saya yang serombongan tiba-tiba tidak bisa ikutan. Dari pada uangnya hangus sia-sia, saya langsung berinisiatif untuk mencari tahu ke pihak traveloka apakah bisa pembatalan tiket di traveloka dilakukan. Dan ternyata bisa!

Dari situlah saya terbesit pikiran kenapa tidak saya buat artikel di blog saja. Siapa tahu banyak teman-teman yang membutuhkan cara membatalkan tiket pesawat di traveloka. Dan ternyata memang ada yang butuh, salah satunya ialah anda yang sedang membaca artikel ini. Iya kan? kalau tidak anda tidak mungkin mengunjungi blog ini.

Lalu, refund traveloka berapa persen? Maksudnya apakah uang tersebut bisa kembali sepenuhnya? jawabannya adalah Tidak! Yup, pihak maskapai dan traveloka akan mengembalikan uang kita sekitar 50-70 %. Jadi, ketika anda melakukan pembatalan tiket pesawat traveloka, uang anda tidak bisa kembali 100%.

Dan yang perlu anda tahu, pengembalian anda ini bisa memakan waktu 30-90 hari setelah masa pembatalan. Jadi anda harus sabar ya. Nanti kalau anda sudah memproses refund tiket, anda akan mendapatkan email balasan dimana anda disuruh memberikan nomor rekening untuk pengembalian anda. Dan jika uang sudah masuk ke anda, mereka akan mengirim pesan lagi bahwa uang sudah masuk ke rekening anda.

Baik, sekarang sebaiknya langsung saja kita simak panduan cara refund tiket pesawat traveloka. Oh ya, dalam panduan ini saya menggunakan laptop supaya lebih leluasa, apabila anda menggunakan hp juga tidak masalah karena intinya sama saja. Hanya tampilannya yang mungkin sedikit berbeda. Yuk, berikut ini yang harus anda lakukan jika ingin refund tiket pesawat traveloka.

Cara membatalkan tiket pesawat di traveloka yang sudah terlanjur dibayar

1. Masuk ke website www.traveloka.com untuk login. Jika sudah, tekan tombol "Masuk".

Cara Membatalkan Tiket Pesawat Traveloka | Traveloka Refund Online

2. Silahkan isi alamat email dan password untuk masuk ke akun Traveloka yang anda pakai untuk membeli tiket. Jika sudah mengisi email dan password, silahkan tekan "Log in".

Cara Membatalkan Tiket Pesawat Traveloka | Traveloka Refund Online

3. Di halaman ini akan muncul menu "Pesanan Saya" yang terletak di sisi kanan atas. Menu tersebut silahkan anda tekan. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini. Sudah saya tandai dengan kotak merah.

Cara Membatalkan Tiket Pesawat Traveloka | Traveloka Refund Online

4. Selanjutnya, cari menu "Pesanan Baru", dan jangan lupa untuk menekannya juga seperti contoh gambar dibawah ini.

Cara Membatalkan Tiket Pesawat Traveloka | Traveloka Refund Online

5. Di halaman ini akan muncul pesanan tiket anda. Silahkan anda pilih yang mau anda batalkan, kemudian tekan tulisan "Detail" seperti contoh gambar dibawah ini.

Cara Membatalkan Tiket Pesawat Traveloka | Traveloka Refund Online

6. Nah, disini anda akan melihat tombol menu "Refund" di sisi bawah. Lihat contoh gambarnya, sudah saya tandai dengan kotak merah. Sekarang menu "Refund" tersebut silahkan anda tekan.

Cara Membatalkan Tiket Pesawat Traveloka | Traveloka Refund Online

7. Pihak Traveloka telah menerima permohonan pembatalan tiket pesawat anda. Itu artinya anda sudah selesai melakukan proses refund. 

Cara Membatalkan Tiket Pesawat Traveloka | Traveloka Refund Online

***

Proses refund sudah selesai. Silahkan anda tunggu balasan dari pihak traveloka yang nantinya akan dikirim ke email anda. Pesan tersebut berisi dimana anda disuruh mengisi nomor rekening anda, dan apabila uangnya nanti sudah masuk ke rekening, Traveloka akan mengirimi pesan ke email anda lagi, mengkonfirmasi bahwa pengembalian uang telah berhasil.

Seperti yang sudah saya katakan di awal, proses pengajuan refund/ pembatalan tiket pesawat di Traveloka ini membutuhkan waktu paling cepat 30 hari dan maksimal 90 hari. Pengalaman saya dulu, di hari ke 60 setelah masa pengajuan refund, uang sudah di tranfer sebesar 60%. 

Oh iya, apabila anda mencari tahu cara refund hotel traveloka, anda juga bisa menggunakan cara ini, karena memang sama prosedurnya. Baik, kali ini itu saja yang dapat saya sampaikan ke anda. Kalau anda mengalami kesulitan dalam pembatalan tiket pesawat Traveloka, anda bisa meninggalkan komentar di Blog Langkah Cara Membuat Akun ini. Terimakasih!

Posting Komentar