Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah di Notaris Terbaru

Seperti halnya uang maupun rumah, tanah juga termasuk aset berharga yang kita miliki. Tanah memiliki potensi untuk mengalami peningkatan harga dari waktu ke waktu. Oleh karenanya, peluang usaha melalui investasi tanah merupakan prospek cerah di masa mendatang. 

Berbagai hal yang berkaitan dengan prosedur jual beli tanah  menjadi topik yang sangat hangat diperbincangkan di tengah-tengah  para pelaku bisnis properti saat ini.  Salah satunya yang banyak di pertanyakan adalah berkaitan tentang biaya balik nama sertifikat tanah.

Nah, lantas sebenarnya berapa sih biaya yang diperlukan untuk balik nama sertifikat tanah, dan bagaimana prosedurnya yang benar?
Cara Balik Nama Sertifikat Tanah di Notaris 

Proses balik nama sertifikat tanah melalui notaries sangat mudah.  Sebaiknya Anda terlebih dahulu memahami seluk-beluk urusan hukum berkaitan dengan jual-beli tanah.  Dokumen yang diperlukan dalam melakukan proses balik nama sertifikat tanah yaitu data identitas dan data tanah. 

Dokumen Data Tanah
   
Dokumen data tanah terdiri dari: 
  • Surat Akta Jual Beli (AJB).
  • Bukti pembayaran PBB selama 5 tahun.
  • Surat Pengantar dari PPAT
  • Asli sertifikat tanah.
Data-data tersebut sebaiknya juga dilengkapi dengan data-data beriku ini: 
  • Asli IMB
  • Bukti pembayaran rekening air, listrik dan telepon.
  • Sediakan surat hipotek apabila memiliki keterkaitan dengan pihak-pihak perbankan. 
  • Nah, itulah dokumen –dokumen  data tanah yang diperlukan dalam proses balik nama sertifikat tanah di notaris. Cukup simpel bukan? Tentunya tidak serumit saat  kita membuat sertifikat tanah.  
Tahap selanjutnya ialah menyiapkan data identitas.  Data identitas  ini dapat berupa data perorangan ataupun data perusahaan. 

Dokumen Data Identitas

Dokumen Data Identitas Perorangan :
  • Fotokopi akta nikah dan KK
  • Fotokopi KTP suami istri
Dokumen Data Identitas Perusahaan :
  • Fotokopi KTP Komisaris dan direksi perusahaan
  • Fotokopi AD/ART perusahaan yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman dan HAM
Apabila semua dokumen telah berhasil dikumpulkan maka  Anda telah siap melakukan balik nama sertifikat tanah.  Selanjutnya, bawalah semua dokumen yang telah Anda siapkan tersebut  ke kantor BPN.  Di kantor BPN, Anda akan diminta untuk melakukan pengisian formulir permohonan balik nama. Isilah formulir tersebut secara lengkap. 

BPN akan melakukan pencoretan  pemegang hak tanah yang lama. Sesuai permohonan Anda maka BPN akan melakukan perubahan dengan menggantinya. Proses balik nama sertifikat tanah akan selesai dalam jangka waktu lebih kurang 2 minggu setelah Anda mengajukan permohonan. 

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah di Notaris 

Setelah memahami proses pengajuan  balik nama sertifikat tanah lalu berapa biaya balik nama sertifikat tanah di notaris yang perlu Anda persiapkan? Biaya yang akan dikeluarkan dalam proses balik nama sertifikat tanah melliputi: 

Biaya Melakukan Pengecekan Keabsahan Sertifikat

Biaya pengecekan ini kira-kira sebesar 25 hingga 100 ribu. Apabila Anda sudah yakin sertifikat sudah absah dan tidak bermasalah maka proses pengecekan tidak perlu dilakukan. 

Biaya AJB 

Proses transaksi properti  dikatakan aman jika transaksi tersebut telah dicatat di hadapan pejabat PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) atau notaris.  Biaya untuk proses ini kira-kira sebesar 5% hingga 1% dari NJOP.   Proses balik nama sertifikat tanah  melalui notaris akan ditambah uang jasa (biaya jasa) dengan tarif bervariasi. Anda juga bisa melakukan tawar-menawar  dengan notaris terkait besarnya uang jasa yang akan Anda keluarkan tersebut. 

Pentingnya Proses Balik Nama Sertifikat Tanah

Proses balik nama sertifikat tanah merupakan  hal penting yang perlu Anda lakukan. Saat melakukan proses pembelian tanah,  kepemilikan tanah belum sah jika Anda baru memegang AJB  dan sertifikat tanahnya masih belum diperbaharui. Sertifikat tanah adalah bukti yang paling kuat untuk menunjukkan status kepemilikan aset tanah yang Anda miliki.  

Banyak kasus yang makin marak bermunculan mengenai mudahnya aset tanah berpindah tangan karena si pemilik tidak segera melakukan proses  balik nama sertifikat tanah miliknya. 

Proses pembelian tanah, rumah maupun jenis properti lainnya hendaknya melalui proses balik nama yang tuntas sehingga aspek yuridisnya dapat senantia terjaga.   Hal ini akan menghindari Anda dari beragam permasalahan, sengketa atau klaim. Apabila hal tersebut terjadi, Anda sudah berada di posisi yang benar karena proses balik nama sertifikat tanah telah Anda lalui dan selesaikan. 

Nah, demikianlah ulasan terkait biaya balik nama sertifikat tanah di notaris disertai prosedur-prosedurnya. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar