Contoh Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi Nihil

Pelaporan Surat Pemberitahuan atau SPT merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh wajib pajak. Ada berbagai jenis SPT tahunan yang harus dilaporkan sesuai dengan hasil pendapatan yang anda peroleh, terutama pendapatan yang telah masuk dalam kriteria kena pajak. 

Penghasilan tidak kena pajak bisa disebut juga dengan penghasilan nihil, karena jumlah penghasilan yang ada belum masuk dalam kriteria kena pajak. Dan berarti penghasilan yang ada tidak di potong pph 21. 

Lantas, bagaimana melakukan pengisian SPT tahunan yang hasil pendapatannya tidak masuk dalam PTKP atau Penghasilan Tidak Kena Pajak? Nah, untuk lebih jelasnya, berikut kami bagikan contoh pengisian SPT tahunan orang pribadi nihil.

Langkah Pertama

1. Formulir 1770
Langkah awal yang harus anda lakukan adalah meminta formulir di kantor pelayanan pajak. Data pada laporan ini nantinya harus anda laporkan juga saat mengakses ke e-filling.

2. EFIN
Electronic Filing Identification Number atau EFIN merupakan nomor identitas anda sebagai wajib pajak yang didapatkan dari DJP untuk anda melakukan e-filing atau pelaporan pajak secara online. Untuk mendapatkan EFIN ini, anda bisa datang langsung ke kantor pelayanan pajak atau anda juga bisa mengurusnya secara online.

3. Data Lainya
Hal yang tak kalah penting untuk melakukan pengisian yaitu menyiapkan data-data pendukung seperti, data penghasilan, utang, serta harta yang anda miliki.

Langkah Kedua

Untuk langkah kedua ini akan dijelaskan bagaimana cara mengisi SPT tahunan orang pribadi nihil secara online.

1. Situs OnlinePajak
Pertama, bukalah website OnlinePajak untuk bisa melakukan pengisian SPT tahunan. Pada website ini anda bisa langsung mengaksesnya tanpa/dengan menggunakan akun. Untuk masuk ke dalam situs OnlinePajak anda hanya memerlukan email anda yang sudah terkonfirmasi dengan EFIN yang anda buat sebelumnya.

2. Akun E-filing
Jika anda sudah masuk ke dalam situs OnlinePajak, segeralah pilih e-filing untuk orang pribadi pada pilihan menu navigasi yang sudah disdiakan.

3. Pengisian NPWP
Pada langkah berikutnya akan muncul halaman yang berisi perintah untuk mengisi nomor NPWP yang anda miliki. Isilah nomor NPWP tersebut secara benar agar bisa masuk ke tahap pembuatan profil.

4. Pelaporan Baru
Pada tahap ini, anda akan diberikan pilihan berapa jumlah penghasilan yang anda miliki. Ada tiga pilihan yang bisa anda pilih sesuai dengan keadaan anda seperti penghasilan lebih dari 60 juta, penghasilan kurang dari 60 juta atau mempunyai bisnis sendiri.

5. Data Pribadi
Langkah ini anda diharuskan untuk melengkapi data-data pribadi anda. Isilah data yang ada dengan sebenar-benarnya dan sesuai dengan data yang anda miliki. 

6. Data Tanggungan
Isilah juga data tanggungan yang anda miliki, mungkin istri atau anggota keluarga lainya. pada tahap ini ditujukan bagi anda yang sudah berkeluarga, namun jika anda belum berkeluarga dan tidak memiliki tanggungan maka bisa anda lewati.

7. Detail pajak
Pada langkah ini, anda harus mengisikan potongan pajak apa yang akan anda sampaikan beserta potongan nilai brutonya. Jika semuanya sudah terisi, anda bisa mengklik kata selanjutnya untuk mengisi data berikutnya.

8. Informasi lainnya
Pada langkah selanjutnya ini, diharukan mengisi penghasilan lainya yang anda miliki. Tak hanya itu, anda juga harus mengisi penghasilan yang tidak masuk dalam objek pajak, utang/kewajiban, serta harta, jika anda memilikinya. Jika anda tidak memilikinya, maka anda bisa melewati langkah ini dengan menuliskan angka nihil/nol di setiap kolom dan klik kata selanjutnya.

9. Selesai
Pada langkah ke-9 ini, pelaporan anda sudah berhasil diperoses dan bisa di unduh. Dihalaman ini anda juga bisa melihat berapa jumlah nilai pajak yang harus anda bayar. Jika nilai pajak anda nihil atau tidak perlu membayar, maka anda hanya perlu mengklik kata simpan dan laporkan. Selain itu, anda juga bisa mengunduh formulir pelaporan anda ini pada tulisan ‘unduh file ini sekarng’ sebagai bahan dokumentasi anda.

Nah, itulah tadi contoh pengisian SPT tahunan orang pribadi nihil. Semoga bermanfaat untuk anda yang mungkin mengalami kebingungan saat melakukan pengisian SPT tahunan.

Posting Komentar