Daftar Gmail | Cara Membuat Email Baru (Gmail)

Fungsi email dari Gmail sendiri sangat banyak, mulai dari untuk mengirim surat elektronik, daftar sosial media, mempunyai akses masuk ke setiap produk Google, dan masih banyak lagi. Yang paling dasar ialah di pergunakan untuk Hp Android. Dengan adanya email Gmail di Hp Android, maka kita bisa mendownload berbagai macam aplikasi di Playstore.

Di artikel ini, akan ada 2 panduan daftar Gmail. Yang pertama ialah mendaftar lewat hp android, kemudian daftar Gmail lewat PC/ leptop. Keduanya sama-sama mudahnya. Yang penting, setelah membuat email gmail, anda tidak boleh lupa dengan alamat email dan password yang sudah anda buat, karena alamat email dan password adalah kunci supaya anda bisa masuk akun Gmail Google.

Membuat Email Lewat Hp Android

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat email Gmail di Android ialah, masuk menu "pengaturan/ setting", lalu gulir layar hp ke bawah dan pilih menu "akun/account". Jika sudah masuk ke menu "Akun", silahkan pilih "Tambah akun/ Add account" lanjutkan dengan memilih "Google". Untuk lebih jelasnya, simak gambar contohnya di bawah ini.
  • Apabila anda sudah menerapkan panduan di atas, anda akan menemukan gambar seperti dibawah ini. Silahkan tekan "create a new account". 
  • Isilah nama depan dan belakang di kolom yang sudah di sediakan. Tekan Next. 
  • Isi tanggal lahir dan jenis kelamin anda. Lanjut tekan Next. 
  • Buat alamat email anda. Kalau pilihan nama email anda tidak ada, cobalah mengkombinasikannya dengan angka. 
  • Buat password yang aman, lalu ulangi password di kolom kedua. 
  • Di tahap memasukkan nomor hp, silahkan anda tekan Skip saja. 
  • Gulir layar hp anda ke bawah, lalu tekan "I Agree". 
  • Tekan Next. 
  • Pada tahapan "Masukkan metode pembayaran" ini digunakan untuk membeli aplikasi, game, dll di play store. Silahkan anda lewati saja,tekan "Continue". 
  • Tahap membuat email Gmail di Hp Android sudah selesai. Anda bisa menggunakan email ini lewat komputer/ leptop dengan login memakai alamat email dan password yang sudah anda buat barusan.
Cara Daftar Gmail Lewat Pc Komputer/ Leptop
  1. Masuk ke link ini https://accounts.google.com/SignUp?service=mail
  2. Isi nama depan dan belakang di kolom pertama.
  3. Buatlah alamat email baru. Bebas, asal alamat email tersedia.
  4. Buatlah password baru yang aman.
  5. Konfirmasi password, isi lagi dengan password yang sama seperti di atas.
  6. Pilih tanggal lahir anda.
  7. Pilihlah jenis kelamin anda.
  8. Masukkan nomor ponsel yang selalu aktif.
  9. "Your current email address" tidak perlu diisi.
  10. Lokasi, pilih Indonesia.
  11. Klik "Next Step".
Berikut ini adalah contoh kolom-kolom yang sudah terisi dengan benar. Silahkan anda contoh, tapi yang sesuai data diri anda. Agar lebih paham, silahkan membaca pin-poin penting di bawah ini untuk mendaftar akun Gmail.
Poin penting yang harus di ketahui saat daftar email Gmail :
  • Apabila nama anda lebih dari 2 kata, anda bisa mengisinya sekaligus di kedua kolom isian nama.
  • Email adalah alat pengiriman yang mempunyai alamat, atau nama. Contohnya aurakasih@gmail.com. aurakasih adalah id email, sedangkan @gmail.com adalah layanan dari Google, yang artinya anda telah terdaftar di Google.
  • Password atau kata sandi gunanya untuk kunci ketika anda hendak masuk ke akun gmail, sekaligus alat keamanan agar orang lain tidak bisa membobol akun Gmail milik anda. Kalau di bobol, maka data-data anda, pesan masuk, dll, akan bisa di salahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Penulisan nomor telepon menggunakan +62, jika misalnya nomor anda 085730366368, maka penulisannya adalah +6285730366368. Angka 0 nya di ganti dengan +62.
Sistem Google sangatlah canggih. Seperti yang sudah saya singgung di atas, apabila anda mempunyai akun Gmail, otomatis anda bisa mempunyai akun produk Google lainya seperti Youtube, Google Drive, Playstore, dll. Istilahnya, satu akun untuk semua Google. Baik, saya kira itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga membantu.

Posting Komentar