Begini Cara Mencari Nomor NPWP Pribadi Berdasarkan Nama

NPWP merupakan Nomor Pribadi Wajib Pajak yang digunakan sebagai identitas anda yang merupakan wajib pajak ketika melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan perpajakan. Manfaat mempunyai NPWP pribadi sangat banyak dan beragam, walaupun mungkin belum bisa anda rasakan saat ini. Untuk mendapatkan NPWP juga sangat mudah, anda cukup datang ke kantor pelayanan pajak dengan membawa serta dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan. 

Tak hanya itu, jika anda tidak memiliki waktu yang banyak, anda bisa mengisi formulir pendaftaran NPWP melalui Online. Dan untuk website yang bisa anda kunjungi untuk mengisi formulir NPWP yaitu situs Dirjen Pajak, lalu setelahnya bisa anda cetak dan kirimkan melalui kantor pos terdekat beserta dokumen pendukungnya.

Bila anda sudah mempunyai NPWP dan mungkin lupa dengan NPWP yang anda miliki. Anda tidak perlu panik dan bingung, sebab ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencari NPWP. Salah satu caranya yaitu mencari nomor NPWP pribadi berdasarkan nama. Nah, berikut lengkap informasinya.
Cara Mencari Nomor NPWP Pribadi Berdasarkan Nama

1. Kantor Pelayanan Pajak
Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mencari nomor NPWP adalah mendatangi kantor pelayanan pajak terdekat. Saat menghadap petugas, anda bisa menyebutkan nama anda lalu berikan data pendukung seperti KTP asli anda. Untuk mengetahi NPWP anda yang anda lupakan atau anda hilangkan tidak membutuhkan waktu lama, sebab data anda sudah terekam di database KPP yang ada.

2. Telepon Kring Pajak
Cara yang kedua ini anda bisa menelpon Dirjen Pajak (DJP) dengan nomor telepon 1500200. Ketika anda menelpon ke nomor tersebut, anda bisa menanyakan langsung kepada petugas tentang NPWP anda. Untuk memudahkan petugas dalam mencari NPWP anda yang telah terdokumentasi di DJP, anda bisa menyebutkan nama anda beserta data identitas anda yang lain. 

Dan perlu anda ketahui bahwa percakapan anda melalui telepon ini sangat dijamin kerahasiaannya. Jadi anda tidak perlu merasa khawatir jika ada orang yang mungkin menyadap percakapan anda dan menggunakan NPWP anda secara tidak bertanggung jawab.

3. Online
Mencari nomor NPWP pribadi berdasarkan nama berikutnya bisa anda lakukan secara online. Caranya sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu masuk ke situs DJP menggunakan nama serta akun e-mail yang dulu pernah anda pakai saat melakukan pendaftaran. jika sudah, maka anda sudah masuk pada halaman yang menunjukkan identitas serta NPWP anda. 

Bila NPWP anda tidak terlihat di halaman yang sudah anda buka tersebut, besar kemungkinannya NPWP anda belum aktif. Dan untuk mengkonfirmasi masalah tersebut, anda bisa mendatangi kantor pelayanan pajak terdekat agar segera bisa di tindak lanjuti.

Tak hanya melalui situs DJP, anda juga bisa masuk melalui website sesreg.pajak.go.id. Melalui situs ini, anda hanya perlu menuliskan nama beserta beserta data lainya agar NPWP anda bisa muncul dan terlihat.

4. Faksimile
Tak hanya melalui layanan kring pajak, DJP juga menyediakan fasilitas faksimile untuk memudahkan anda menyampaiakan keluhan dan permasalahan. Bila anda ingin mengetahui nomor NPWP anda yang hilang, anda bisa mengirimkan data pribadi anda beserta alasannya. Biasanya, setelah anda melakukan pengiriman, sekitar 2 sampai lima hari berikutnya pesan anda akan di balas oleh DJP. Jadi anda harus bersabar bila menggunakan faksimile.

5. Email
Langkah terkahir yang bisa anda pakai untuk mencari nomor NPWP dengan menggunakan layanan email. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyertakan nama anda dan juga data diri anda secara lengkap lalu kirimkan ke pengaduan@pajak.co.id. Penggunaan email memiliki kelebihan yang banyak dari pada melalui facsimile, sebab melalui email pesan yang anda kirimkan akan lebih cepat di balas oleh petugas DJP.

Demikianlah di atas informasi mengenai cara mencari nomor NPWP pribadi berdasarkan nama. Tidak terlalu sulit dan lama untuk proses nya, terlebih lagi jika anda langsung mendatangi kantor pelayanan pajak terdekat. Usahakan ketika sudah mengetahui NPWP yang anda miliki, jaga dan simpan dengan baik. Agar ketika anda membutuhkannya untuk keperluan yang mendesak bisa segera anda pakai. 

3 Responses to "Begini Cara Mencari Nomor NPWP Pribadi Berdasarkan Nama"

  1. Untuk ngecek nmr....tapi lupa emailnya gmna ya

    BalasHapus
  2. Npwp saya hilang, saya mau nanya nomor npwp saya dr online gimna caranya ya bpk/ibu? Mohon petunjuk,trimakasih.. Mnt tlg email kesaya ya pak/ibu, bayu88gita@gmail.com

    BalasHapus
  3. gemana caranya untuk mengecek NPWP atas nama saifuddin, s.sos unit kerja smkn 3 mataram

    BalasHapus