Cara Mencari Tahu Nama Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

Cara mengecek plat nomor tak hanya berguna untuk kepentingan pemerintahan, ataupun penyelidikan kasus yang marak terjadi terhadap pencurian kendaraan bermotor. Masyarakat sewaktu-waktu juga akan butuh mengecek plat nomor saat situasi tertentu. Jadi tak salahnya anda tahu cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor yang terlihat janggal, ataupun hanya sekedar untuk menambah pengetahuan.

Walaupun saat ini anda tidak membutuhkannya, tapi suatu saat anda juga butuh informasi ini, ataupun hanya sekedar memberi bantuan pada keluarga atau orang lain yang sedang mengalami masalah tentang informasi plat nomor kendaraannya.

Beberapa jenis kendaraan dapat di cek plat nomornya untuk keperluan tertentu, mulai dari sepeda motor sampai mobil sekalipun.  Plat nomor punya banyak informasi tentang beragam keperluan yang anda butuhkan.  Lewat plat nomor anda bisa tahu pajak yang harus dibayarkan ataupun denda yang mungkin tidak anda perhatikan sebelumnya. Selain untuk mengetahui pajak, anda juga bisa mendapatkan informasi tentang pemilik kendaraan yang ingin kita cari tahu.

Langsung saja, berikut ini kami akan bagi informasi tentang bagaimana cara mencari tahu pemilik kendaraan dari plat motor dengan alur yang mudah dan simple. Anda bisa memaksimalkan gadget anda yang sudah tersambung internet untuk pengecekannya.  Langsung saja anda perhatikan alur pengecekan plat nomor seperti di bawah ini.

Cara Mencari Tahu Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan dari Plat Motor dengan Mudah

Apabila anda menemukan suatu kendaraan yang sedikit bermasalah tentang informasi pemiliknya, segeralah lihat plat nomorny dan catat dalam gadget ataupun secarik kertas.

1. Perhatikan plat dari dari daerah mana kendaraan tersebut. Jika anda belum mengenal beberapa kode plat nomor dari beberapa daerah, sebagai berikut :

AD merupakan plat nomor wilayah Jawa tengah (eks Karesidenan Surakarta)
AB merupakan plat nomor wilayah DI Yogyakarta
A merupakan plat nomor wilayah Banten
B merupakan plat nomor wilayah DKI Jakarta
Z merupakan plat nomor wilayah Garut
BD merupakan plat nomor wilayah Bengkulu
BH merupakan plat nomor wilayah Jambi
L merupakan plat nomor wilayah Kota Surabaya
W merupakan plat nomor wilayah Sidoharjo dan sekitarnya.
AG merupakan plat nomor wilayah eks Karesidenan Kediri.
R merupakan plat nomor wilayah eks Karesidenan Banyumas, dan sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi kode plat nomor yang satu daerah dengan yang lainnya berbeda-beda. Untuk itu, jika anda masih penasaran, langsung saja perhatikan informasi tentang kode plat kendaraan bermotor di beberapa daerah.

2. Jika anda sudah mengetahui plat nomor daerah mana kendaraan bermotor yang ingin anda lacak informasi selanjutnya, maka langkah selanjutnya anda bisa mengeceknya di situs resmi masing-masing daerah secara online. Sayangnya, cek plat nomor secara online baru bisa diakses di beberapa provinsi tertentu. Untuk yang berada di pulau Jawa, pemerintah sudah melayani  pengecekan plat nomor secara online. Berikut beberapa wilayah yang sudah bisa melakukan cek plat nomor secara online beserta websitenya :

DI Yogyakarta (http://infonjkbdiy.com/.)
Jawa Tengah (http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/)
Jawa Barat (http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/)
Jakarta (http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB)
Jawa Timur (http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas)

3. Selain lewat situs website, anda juga bisa mendapatkan info tentang plat nomor kendaraan melalui SMS. Berikut cara cek plat nomor kendaraan dengan SMS di beberapa daerah :

Jawa Timur
Format SMS : JATIM<spasi > no plat
Kirim ke 7070

Jawa Barat
Format SMS : poldajbr<spasi> no. plat
Kirim ke 3977

Jawa Tengah
Format SMS : JATENG<spasi> no. plat
Kirim ke 9600

4. Jika anda sudah melakulan pengecekan lewat website ataupun SMS, anda akan mendapatkan informasi pemilik kendaraan yang anda cari tahu.

Mudah sekali bukan cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor.  Anda bisa mencobanya ataupun memberitahukan informasi ini ke orang lain yang membutuhkan. Demikian artikel tentang cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor. Semoga membantu.

1 Response to "Cara Mencari Tahu Nama Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor"

  1. Saya sudah beberapa kali meminta bantuan utk melacak keberadaan kendara mobil dengan nopol D1021BD, tetapi blm ada tanggapan

    BalasHapus